7 Makanan Sehat Kaya Zat Besi Untuk Mencegah Anemia Defisiensi Besi Pada Anak

Sabtu 31-08-2024,11:11 WIB
Reporter : Naura qristina
Editor : Syariah muhammadin

 

5. Buah kering

 

Buah kering, seperti prem, kismis, aprikot, buah ara, dan kurma, merupakan makanan padat nutrisi yang dapat menyediakan zat besi dalam jumlah yang signifikan. 

 

Anak-anak berusia antara dua dan delapan tahun membutuhkan sekitar 1 hingga 2 cangkir buah dalam sehari. Anda dapat menambahkan setengah cangkir buah kering ke dalam makanan harian anak Anda (setara dengan satu cangkir buah) untuk menyediakan zat besi dalam jumlah yang cukup.

 

6. Makanan kedelai

 

Kedelai atau kacang kedelai adalah makanan padat protein yang mengandung zat besi dalam jumlah tinggi. Menurut USDA, setengah cangkir kacang kedelai yang dimasak dapat memberikan 4,4 mg zat besi. 

 

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi produk kedelai yang difermentasi, seperti tahu dan tempe, karena fermentasi meningkatkan ketersediaan zat besi dari kacang kedelai.

7. Jamur

Jamur adalah jamur yang dapat dimakan dengan profil nutrisi yang kaya. Satu cangkir jamur yang dimasak dapat menyediakan 2,7 mg zat besi. 

Anda dapat menyiapkan jamur dalam berbagai bentuk dan menyajikannya kepada anak Anda di sela waktu makan untuk memenuhi kebutuhan zat besinya.

Kategori :