Komisi IV DPRD Dorong Gubernur Evaluasi PPDB

Komisi IV DPRD Dorong Gubernur Evaluasi PPDB

 

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID  - Evaluasi secara menyeluruh dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang sempat diwacanakan Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, disambut baik Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu. Terlebih dalam PPDB dengan sistem zonasi, terbukti telah menimbulkan berbagi persoalan bagi dunia pendidikan.

BACA JUGA: Angka Kemiskinan di Bengkulu Selatan Cukup Tinggi

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi  mengatakan, persoalan dalam PPDB SMA bukan hanya terjadi di Kota Bengkulu saja, tetapi juga di kabupaten. Seperti di Kabupaten Kepahiang, SMAN 3 Kabupaten Kepahiang itu siswa barunya hanya tiga orang. "Tentu ini sangat ironis sekali bagi dunia pendidikan di daerah kita," ungkap Edwar.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (10)

Menurutnya, fakta ini juga membuktikan jika dalam proses PPDB tidak didasari dengan kejujuran. Seperti kejadian di SMAN 3 Kepahiang, padahal sekolah tersebut menyediakan tiga Rombongan Belajar (Rombel). "Sebaliknya SMAN 6 Kepahiang yang berada pada zonasi sama, awalnya hanya menyiapkan 4 Rombel. Tapi pasca PPDB menjadi 6 Rombel," sesal Edwar.

BACA JUGA:Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah, BI Bengkulu Gelar Road to FESyar

Padahal, lanjut Edwar, SMAN 3 Kepahiang itu dari sisi sarana dan prasaran mumpuni. Baik ruangan belajar ataupun laborotorium komputernya. "Pada bagian lain SMP penyangga untuk kedua sekolah itu tidaklah sedikit. Makanya PPDB ini harus dievaluasi, dan kita berencana kembali memanggil Dinas Dikbud provinsi terkait masalah ini," tegas Edwar.

BACA JUGA:Polres Kepahiang Ungkap Peredaran Uang Palsu Modus Beli HP Pakai Upal

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah memastikan bakal mengevaluasi secara menyeluruh PPDB, terlebih dalam prosesnya terindikasi ada praktik titipan. "Saya sudah mengingatkan pihak sekolah agar dalam PPDB tidak melebihi kuota. Sejauh ini saya sudah mendapatkan data-data, dan kedepannya segera ditindaklanjuti," tandas Rohidin. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: