Bentuk Keseriusan Pemkab Kepahiang, 2023 Sudah Memiliki Mall Pelayanan Publik

Bentuk Keseriusan Pemkab Kepahiang, 2023  Sudah Memiliki  Mall Pelayanan Publik

Bupati Kepahiang, Dr Ir H Hidayatullah Sjahid, MM,IPU -Ruvi-

 

KEPAHIANG, RADARBENGKULU - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Kemenpan RB) telah mendorong Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk mengoptimalkan pelayanan publik melalui pendirian Mall Pelayanan Publik di setiap wilayah di Provinsi Bengkulu.

Hal tersebut dilakukan guna mendorong investasi dan ekonomi masyarakat dengan dikumpulkannya berbagai macam pelayanan publik pada satu tempat. Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Bupati Kepahiang, Dr Ir H Hidayatullah Sjahid, MM,IPU menanggapi ini termasuk dalam program setiap pemerintah Kabupaten agar mendirikan Mall Pelayanan Publik.

Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Kepahiang, menunjukkan keseriusannya untuk menghadirkan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Kepahiang. Dimana Pemkab menargetkan 2023 mendatang, MPP yang menjadi pusat seluruh layanan publik di Kepahiang sudah dapat beroperasi.

"Ya, kita telah berkoordinasi sama Dinas PUPR Kepahiang. Dinas PUPR  diminta untuk mendesain gedungnya terlebih dahulu. Kemudian menghitung Rancangan Anggaran Biaya (RAB). Setelah itu baru kita ajukan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Banggar untuk dibahas," ujar Hidayat.

Lanjutnya, Mal Pelayanan Publik atau biasa disingkat MPP ini merupakan tempat berlangsungnya kegiatan ataupun aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa, dan atau pelayanan administrasi lainnya. Rencananya akan menjadi pusat dari berbagai pelayanan public. Itu mulai dari ODP, BUMN, BUMD dan lain sebagainya.

Memang harapan Pemerintah tahun 2023 nanti Mal Pelayan Pablic (MPP) bisa berdiri. Saat ini kami Pemda Kepahiang sedang melakukan persiapan. Dengan begitu diharapkan kebutuhan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik yang terpadu segera terwujud.

BACA JUGA:Dua Jerigen Terbakar, Petugas Operasi SPBU Gading Cempaka Diperiksa

 "Jadi, dalam waktu dekat ini kita minta Dinas PUPR Cipta Karya untuk menyelesaikan desain gedungnya dan RAB. Setelah dapat, baru kita tindaklanjuti ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Banggar DPRD Kepahiang. Mudah-mudahan disetujui dan segera merealisasi gedung MPP itu. Adapun dananya nanti bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)." 

Saat disinggung dimana lokasi strategis membangun gedung MPP, Bupati Hidayat, menanggapi yang pastinya Mall Pelayanan Publik ini berada disekitar perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Kepahiang. Karena tempatnya dekat dan juga mudah dijangkau oleh masyarakat di wilayah Kabupaten Kepahiang. Kalau jauh dari lingkungan masyarakat, bukan lagi MPP namanya.

"Kita berharap dengan adanya MPP ini nantinya dapat memudahkan masyarakat Kabupaten Kepahiang dalam mengurus berbagai hal terkait administrasi, perizinan, dan non-perizinan."

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kepahiang, Elva Mardiana, menyampaikan, berdasarkan hasil rapat pihaknya dengan pimpinan daerah serta pimpinan OPD terkait, MPP Kepahiang akan dibangun pada Eks RSUD lama di Kelurahan Pensiunan Kepahiang atau lebih tepatnya Kantor BKD PSDM saat ini.

 BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (40)

"Untuk lokasi MPP, sementara ini sudah disepakati Kantor BKD PSDM, In shaa Allah 2023,  MPP sudah ada dan beroperasi. Karena fungsi MPP sama dengan DPM PTSP, maka seluruh layanan pada DPM PTSP akan disatukan dengan MPP. Nanti kami pindah  kesana (BKDPSDM). Dan BKD PSDM pindah ketempat kami, tukaran tempat saja," ujarnya.

Lanjutnya, dengan adanya MPP di Kabupaten Kepahiang diharapkan akan dapat memberikan layanan maksimal pada masyarakat. ''Terutama terkait dengan layanan publik. Dan juga MPP ini  letak lokasinya minimal strategis berada di tengah-tengah kota, sehingga mempermudah dan mempercepat mayarakat yang membutuhkan pelayanan."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: