Festival Tabut Dilaksanakan di Lapangan Merdeka

Festival Tabut Dilaksanakan di Lapangan Merdeka

Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri memimpin rapat Besar Persiapan Tabut pada Senin (19/6)-Windi-radarbengkulu.disway.id

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID  - Perayaan Tabut yang dilaksanakan setiap 1 Muharram oleh Provinsi Bengkulu, telah ditetapkan sebagai Event Nasional oleh Kementerian Pariwisata. 

 

 

 

 

 

Jika selama ini even masyarakat ini hanya diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu di pusat Ibukota Provinsi, maka perayaan pada tahun ini akan berbeda dari sebelumnya.

Selain kegiatan perayaan Tabut ini akan dihadiri oleh negara tetangga, perayaan Tabut juga akan dirayakan di setiap kabupaten/ kota.

BACA JUGA:Menyingkap Tambo Suku Rejang di Provinsi Bengkulu (20) - Kerajaan Ditimpa Musibah Besar

 

 

 

 

 

"Karena ini sudah menjadi event nasional dan event masyarakat Provinsi Bengkulu, maka pak Gubernur akan mengirimkan surat Kepada Bupati dan walikota. Selain mengirimkan peserta untuk kontes di panggung disaat perayaan Tabut, Bapak Bupati dan Walikota juga merayakan kegiatan Tabut ini di Kabupaten Kota," sampai Sekda Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri usai memimpin rapat Besar Persiapan Tabut pada Senin (19/6). 

BACA JUGA: IGABA Kota Bengkulu Gelar In House Training

 

 

 

 

 

Ditambahkan Hamka, karena pertama kali dilakukan perayaan Tabut di kabupaten, maka kabupaten dipersilahkan untuk mendesain kegiatan tersebut, meskipun perayaan dilaksanakan secara sederhana dan seadanya.

"Kita meminta kepada Bapak Bupati, silahkan Bupati mendesain kegiatannya di kabupaten masing-masing. Karena ini baru tahun pertama diselenggarakan di setiap Kabupaten, apakah nanti perayaannya seadanya dulu, karena ini belum dipersiapkan, " katanya. 

 

 

 

 

 

Selanjutnya Hamka Sabri menjelaskan, untuk persiapan Perayaan Festival Tabut, sejauh ini tidak ada kendala

“Karena ini event nasional, maka kita tidak main-main untuk melaksanakannya. Seluruh panitia dan KKT maupun Tabut Budaya sudah siap untuk melaksanakan perayaan Tabut 2023 ini,” tutur Sekda Hamka, usai rapat.

BACA JUGA: Aroma Buah Durian Merebak di Kota Tais, Bupati Seluma Lestarikan Budaya Melempuk

 

 

 

 

 

Lanjutnya, guna lebih memastikan lagi persiapan pelaksanaan perayaan Tabut tersebut, akan dilakukan rapat teknis pada setiap bidang yang menangani sesuai SK (Surat Keputusan) yang telah ditetapkan Gubernur.

“Pada prinsipnya, semua tim panitia telah siap. Namun, perlu dilakukan rapat teknis secara khusus setiap seksi. Sehingga jangan sampai perayaan Tabut ini yang sudah masuk dalam Calender of Event ini tekesan hanya sekadar pasar malam saja,” ungkapnya.

 

 

 

 

 

Masih dikatakan Sekda,  perayaan Tabut tahun ini maupun pesta rakyat dipusatkan di satu titik lokasi saja. Yaitu di Lapangan Merdeka. Tidak ada di lokasi lainnya.

“Gubenur sudah memutuskan, seluruh rangkaian perayaan Tabut 2023 dipusatkan di satu titik. Yaitu di Lapangan Merdeka,” tegasnya.

BACA JUGA:Serial Abunawas: Mencari Kambing Hitam

 

 

 

 

 

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Karmawanto, M.Pd, mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat ke negara-negara yang ada history terkait Tabut  untuk bisa hadir di perayaan Tabut nanti. 

"Kalau tamu-tamu dari manca negara itu kita sudah menyampaikan surat ke Dubesnya. Mungkin dalam Minggu ini kita minta konfirmasi kepada mereka soal kedatangan turis mancanegara negara tersebut," singkatnya. 

BACA JUGA:Ayoo Manfaatkan Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor untuk Kemajuan Daerah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id / festival tabut dilaksanakan di lapangan merdeka