Gubernur Rohidin: Potensi Enggano Besar, Dibutuhkan Perencanaan Bisnis yang Betul-Betul Nendang

 Gubernur Rohidin: Potensi Enggano Besar, Dibutuhkan Perencanaan Bisnis yang Betul-Betul Nendang

Gubernur Rohidin Merysah, Rektor Unib foto bersama saat mengisi kuliah umum Kelautan dan Perikanan Unib-adit/ist-radarbengkulu.disway.id

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Pulau Enggano memiliki potensi yang sangat besar. Baik dari sisi pertahanan nasional, sumber daya kelautan dan perikanan khususnya perikanan tangkap, pariwisata juga berbagai keunikan adatnya.

Pemerintah Provinsi Bengkulu, terus berusaha dan mendorong peningkatan infrastruktur dasar seperti pembangunan Jalan Trans Enggano guna mempermudah akses masyarakat. Seperti peningkatan Pelabuhan Malakoni dan Pelabuhan Kahyapu.

BACA JUGA:Cerita Chelsea Bunga Oktariani Peserta Jambore Pramuka Dunia 2023 di Korea Selatan Perwakilan Bengkulu


Gubernur Rohidin Merysah saat mengisi kuliah umum Kelautan dan Perikanan Unib-adit/ist-radarbengkulu.disway.id

Pernyataan ini  disampaikan Gubernur Rohidin Merysah saat mengisi kuliah umum Kelautan dan Perikanan bersama Penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Prof. Rokhmin Dahuri, serta Rektor UNIB Dr. Retno Agustina di Gedung Layanan Terpadu (GLT) Universitas Bengkulu, Rabu (23/8).

Agar Pulau terluar di Provinsi Bengkulu ini dapat memberikan impact yang besar bagi perekonomian bagi Enggano dan juga Provinsi Bengkulu, lanjutnya,maka dibutuhkan sebuah rancangan atau perencanaan bisnis yang matang dan didukung oleh investasi yang tepat bagi Enggano.

BACA JUGA:Jangan Berkecil Hati, Segera Lakukan Perbaikan Berkas Bacaleg yang TMS Sebelum Penetapan DCT September Ini

 

"Jika ingin ada impact besar terhadap perekonomian daerah, harus dibuat sebuah business plan yang betul-betul nendang, terintegrasi dengan skala usaha yang layak, dan tentu rantai bisnisnya upstream-downstream. Juga harus betul-betul terpadu, yang tentu melibatkan masyarakat lokal, dengan memperhatikan daya dukung dan daya tampung," jelas Gubernur Rohidin.

Tidak hanya bicara soal investasi, Gubernur Rohidin saat ini sedang membuat sebuah peraturan daerah tentang masyarakat adat Enggano

BACA JUGA:7 Anggota Tim BPK RI Perwakilan Bengkulu Periksa 4 Hal Pokok Soal Pembangunan Jalan di Bengkulu


Gubernur Rohidin Merysah saat mengisi kuliah umum Kelautan dan Perikanan bersama Penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Prof. Rokhmin Dahuri, serta Rektor UNIB Dr. Retno Agustina foto bersama-adit/ist-radarbengkulu.disway.id

 

Hal ini menurutnya, untuk melindungi hak-hak masyarakat Enggano. Sehingga walupun ke depannya akan ada investasi besar-besaran di pulau Enggano, adat budaya serta tanah masyarakat tetap menjadi milik masyarakat Enggano.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id