Tinta Hijau Bupati Mukomuko Bikin Dinas Lingkungan Hidup Mudah Tuntaskan Masalah Limbah

Tinta Hijau Bupati Mukomuko  Bikin Dinas Lingkungan Hidup  Mudah Tuntaskan Masalah Limbah

Bupati Mukomuko menandatangani Memorandum of Understanding atau MoU dengan PT. Halqilab Karya Indonesia, Kamis-Seno-radarbengkulu

BACA JUGA:Sumber Kabut di Kota Mukomuko Terungkap, Wah Gawat Ini

 

"Tenaga ahli berlisensi dari PT. Halqilab Karya Indonesia yang melakukan anasis lingkungan. Legalitas hasil yang dikeluarkan kuat. Nanti, pihak PT. Halqilab juga membina tenaga dari dinas LH sampai bisa mendapat lisensi," papar Bupati. 

Beroperasinya laboratorium Dinas LH, Bupati Sapuan memastikan, akan memudahkan Pemkab Mukomuko mengambil keputusan atau kebijakan mengenai lingkungan.

 

Contoh, sebuah pabrik diduga mencemari lingkungan dari aktivitas usahanya, petugas Labor Dinas LH bisa langsung melakukan pemeriksaan dan analisis. Hasilnya juga bisa cepat diketahui.

"Itu dari sisi pengawasan. Bisa lebih cepat," ujar Sapuan. 

 

Laboratorium juga menjadi bagian pelayanan. Bidang usaha yang berkewajiban melaporkan soal lingkungan akibat usaha yang dijalankan juga bisa terbantu. Kenapa? Karena perusahaan tidak lagi perlu jauh-jauh menguji sampel limbah mereka ke laboratorium di luar daerah. 

Pelaku usaha, seperti pabrik CPO, lanjut Bupati, sebagaimana Permen LHK tidak bisa mengambil sampel uji Lab sendiri. Mesti dilakukan oleh tenaga laboratorium. Dan tenaga itu sudah ada di laboratorium Dinas LH Mukomuko. 

 

"Itulah salah satu manfaat jika kita memiliki laboratorium aktif. Dan Alhamdulillah, laboratorium kita sudah mulai dioperasikan dengan adanya kerjasama PT. Halqilab Karya Indonesia. Setelah sekian lama vakum karena tidak memiliki tenaga ahli di bidang laboratorium ini," pungkasnya. 

Sementara itu, Direktur PT. Halqilab Karya Indonesia, Agung Abdul Ra'up mengatakan, untuk mengoperasikan laboratorium di Dinas LH Mukomuko, pihaknya akan mengerahkan setidaknya sebanyak 12 orang tenaga ahli di bidangnya. 

 

Namun sebelum tenaga ahli turun ke Mukomuko, pihaknya akan melakukan pengecekan terhadap seluruh peralatan dan lainnya. Sebab peralatan itu, harus di kalibrasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu