Kuda Kepang KYSB Kaur Tampil Memukau Saat Tahun Baru 2024

Kuda Kepang KYSB Kaur Tampil Memukau Saat Tahun Baru 2024

Sajian Kuda kepang KYSB dalam menyambut tahun baru 2024-Hendri-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Warga Desa Sinar Mulya, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur, menyajikan penampilan Kuda kepang yang merupakan Kesenian Jawa asli Krido Yakso Suryo Budoyo (KYSB)  dalam acara gebyakan saat tahun baru 2024.

Acara yang disajikan berbagai macam tarian tradisional. Antara lain Pegonan, Butoan, Kucingan, Barongan, dan Celengan. Penari cilik turut ambil bagian dalam penampilan yang memukau dan memperkaya seni pertunjukan. 

BACA JUGA:5 Siswa Taruna Utusan Sekolah Tinggi Perikanan Mundur, Ini Pesan Pemda Kaur

 

Pimpinan Kesenian Jaranan Kuda Kepang KYSB,  Bambang Setiawan  menjelaskan bahwa acara seni ini adalah bagian dari upaya melestarikan kesenian adat Jawa. Hal ini diharapkan dapat menjaga keberlanjutan kesenian kuda kepang di masa depan.

"Acara ini menjadi penutup gebyakan. Namun ke depannya, pertunjukan ini dapat dipentaskan dalam berbagai acara," ungkap Bambang. 

BACA JUGA:Tutup Masa Sidang III, DPRD Kabupaten Kaur Gelar Rapat Paripurna Masa Sidang ke-I Tahun Sidang 2024

 

"Setelah acara gebyakan ini, KYSB bersedia tampil dalam berbagai kesempatan terbuka," tambah Bambang

Semangat melestarikan seni dan budaya Jawa terus diteruskan oleh KYSB, dan partisipasi serta dukungan dari masyarakat diharapkan dapat menjaga keberlanjutan dan keberagaman kesenian tradisional tersebut di tengah-tengah masyarakat. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu