Dinas Pertanian Kaur Turun Tangan Atasi Hama Blas dan Kresek Serang Padi

 Dinas Pertanian Kaur Turun Tangan Atasi  Hama Blas dan Kresek Serang Padi

Kepala Dinas pertanian Kabupaten Kaur Kastilon S,Sos didampingi Penyuluh Lapangan dan Penyuluh Kecamatan Tetap langsung turun kelapangan-Hendri-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Hama blas dan kresek yang menyerang lahan sawah Hamparan Damar Kaca seluas 2 hektare di Desa Muara Tetap Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur yang sudah berlangsung satu minggu  mendapat respon bagus dari Dinas Pertanian Kabupaten Kaur.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kaur Kastilon S.Sos didampingi Penyuluh Lapangan dan Penyuluh Kecamatan Tetap mengatakan, setelah ada laporan dari penyuluh pertanian di Desa Muara Tetap, pihaknya langsung turun ke lapangan.

BACA JUGA:Masyarakat Kecamatan Kaur Selatan Masih Antusias Beli Beras Operasi Pasar SPHP

 

Berdasarkan laporan Ketua Kelompok Tani Bina Usaha di hamparan Damar Kaca, dari lahan seluas 15 hektare itu, yang terkena dampak ada seluas 2 hektare kena Hama Blas dan Kresek. 

"Setelah melakukan penelitian, hama yang menyerang sawah seluas 2 hektare tersebut terkena hama blas dan kresek. Maka Dinas Pertanian melakukan langkah dengan memberikan racun hama kepada kelompok Tani Bina Usaha berupa racun Fungisida. Saat itu juga langsung disemprotkan pada padi yang terkena hama tersebut," sampai Kadis Pertanian Kastilon. 

BACA JUGA: Bawaslu Kaur Gelar Rapat Kerja Tekhnis Pemutakhiran Data Pemilih Lanjutan

 

Kastilon menyatakan, setelah racun disemprotkan ke padi yang terkena hama tersebut diharapkan agar bisa memberikan hasil yang maksimal untuk melakukan pencegahan. Supaya padi yang belum terkena hama bisa terselamatkan dan Hama Blas dan Kresek tidak menyebar. 

Selanjutnya Ketua Kelompok Tani Bina Usaha, Paunizar menyampaikan Hama Blas dan Kresek dengan ciri-ciri padi tidak bisa berkembang dan daun menguning. Apabila tidak cepat ditanggulangi, maka padi akan mati dan akan gagal panen.

BACA JUGA:25 Anggota DPRD Kaur Diminta Kembalikan Kerugian Negara

 

"Setelah petani Hamparan Damar Kaca diberikan racun fungisida dan cara menggunakannya, tentu kami berharap padi yang terkena hama bisa terselamatkan," sampai Paunizar. 

Beruntung Dinas Pertanian Kabupaten Kaur cepat tanggap menangani permasalahan Petani Hamparan Damar Kaca yang terletak di Desa Muara Tetap, sehingga petani tidak gelisah dan berharap hasil pertanian akan membaik. ()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu