13 Layanan yang Tersedia di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu

13 Layanan yang Tersedia di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu akan menyiapkan jambore Literasi dengan gelaran berbagai macam kegiatan. Jambore Literasi Insyalllah akan dilaksanakan pada Juni tahun 2024-ist-

10. Layanan Perpustakaan Keliling

Tidak hanya pelayanan di tempat, DPK Provinsi Bengkulu juga memiliki program berupa Perpustakaan Keliling. Dengan mobil yang membawa berbagai macam koleksi buku dan literasi, layanan ini ditujukan untuk menjangkau daerah yang masih terbatas dalam mengakses bahan pustaka. Terkhusus pelayanan bagi sekolah, desa dan kelurahan yang belum memiliki perpustakaan. Dengan program ini, DPK Provinsi Bengkulu juga dapat menjangkau sejumlah objek wisata untuk masyarakat yang ingin bersantai sambil berliterasi.

 

11. Kegiatan Story Telling

Sebagai upaya dalam membentuk karakter anak sejak dini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan Story Telling. Melalui dongeng-dongeng yang dikemas secara menarik dan disampaikan oleh pustakawan, DPK Provinsi Bengkulu membangun generasi penerus bangsa dengan karakter yang berkepribadian tinggi dan cinta terhadap perpustakaan.

 

12. Kegiatan Bantuan Perpustakaan Desa atau Kelurahan

Dalam upaya meningkatkan budaya gemar membaca di seluruh lapisan masyarakat dan memaksimalkan program 1 desa atau kelurahan 1 perpustakaan, DPK Provinsi Bengkulu bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Kerja sama ini berbuah pemberian bantuan kepada desa/kelurahan yang terdiri dari tiga rangkaian. Mulai dari pendidikan dan pelatihan pengelola perpustakaan desa atau kelurahan, bantuan rak buku dan bantuan buku untuk perpustakaan desa atau kelurahan.

BACA JUGA:5 Destinasi Tempat Liburan di Pacitan yang Cocok Untuk Keluarga

13. Kegiatan Bantuan Perpustakaan SMA/SMK

Tidak hanya bantuan buku dan pelatihan saja, DPK Provinsi Bengkulu juga meningkatkan budaya gemar membaca di kalangan SMA atau SMK se Provinsi Bengkulu. Bantuan ini berupa pengadaan bahan pustaka dan seperangkat komputer yang menunjang kegiatan perpustakaan sekolah SMA atau SMK Provinsi Bengkulu.(ae2/cw1/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: