7 Manfaat Olahraga Jalan Kaki Setiap Hari Bagi Lansia, Luhut Binsar Pandjaitan Sudah Merasakan

7 Manfaat Olahraga Jalan Kaki Setiap Hari Bagi Lansia, Luhut Binsar Pandjaitan Sudah Merasakan

semakin banyak langkah yang diambil oleh lansia, semakin rendah risiko penyakit kardiovaskular-Ist-

4. Meningkatkan kesejahteraan hidup

Manfaat jalan kaki juga meningkatkan kesejahteraan Anda. Menurut laporan Better Health, jalan kaki memiliki manfaat sebagai berikut bagi lansia: Memperkuat otot Membantu menjaga kestabilan berat badan Mengurangi risiko penyakit Memperkuat tulang Membantu menurunkan tekanan darah Meningkatkan keseimbangan Mendukung persendian Meningkatkan mood Mengurangi depresi dan kecemasan Meningkatkan ketahanan fisik Meningkatkan kehidupan sosial.

5. Menurunkan risiko pikun

Lansia yang rutin jalan kaki juga mendapatkan hasil tes memori yang lebih baik.

Selain itu, menurut penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, aktivitas fisik di atas usia 50 tahun dikaitkan dengan fungsi kognitif keseluruhan yang lebih baik.

6. Mencegah depresi

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Psychiatry menunjukkan bahwa berjalan kaki selama satu jam sehari dapat mengurangi risiko depresi lebih dari seperempatnya.

“Kami melihat bahwa kemungkinan depresi menurun sebesar 26 persen untuk setiap peningkatan besar dalam aktivitas fisik yang diukur secara objektif,” tulis peneliti klinis dan peneliti Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan, Ph.D. Karmel Choi, lanjutan dari sumber yang sama.

 Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Gerontology and Geriatric Medicine, yang mengamati hampir 5.000 orang dewasa berusia di atas 65 tahun, menemukan bahwa jalan kaki membantu meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

7. Otot dan tulang lebih kuat

Massa otot dan tulang seseorang melemah seiring bertambahnya usia, sehingga dapat mengganggu persendian.

Massa otot menyusut dan berkurang. Anda bisa mengatasinya dengan berjalan kaki. Jalan kaki memberikan daya tahan yang cukup untuk membangun dan mempertahankan massa otot tanpa membahayakan tubuh.

Ini adalah keuntungan lain yang dimiliki jalan kaki dibandingkan bentuk olahraga berat lainnya pada lansia.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: