Lusi Wijaya: Lima Kecerdasan Manusia Bisa Tumbuh dan Berkembang Dengan Cara Ini

Lusi Wijaya: Lima Kecerdasan Manusia Bisa Tumbuh dan Berkembang Dengan Cara Ini

Kabid SMP Dinas Dikbud Bengkulu Selatan,Lusi Wijaya,M.Pd-Fahmi-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Pendidikan memang harus dilakukan kepada anak sejak dini. Untuk menanamkan ilmu kepada diri anak, diharapkan akan timbul lima Kecerdasan pada manusia dan itu harus dilakukan oleh orang tua ataupun untuk jenjang sekolah.

Itu dilakukan oleh seluruh pendidik agar nantinya bisa terbentuk manusia yang mempunyai daya saing.

BACA JUGA:Nilai Uang Pengganti Zakat Fitrah di Bengkulu Selatan Naik

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bengkulu Selatan, Novianto, M.Si melalui Kabid SMP Lusi Wijaya M.Pd mengatakan, dalam dunia pendidikan sudah banyak yang dilakukan. Seperti, dengan Pendidikan  Penanaman Karakter (PPK), melalui pendikan ekstrakurikuler, pendidikan keagamaan, pendidikan kemasyarakatan dan lainnya.

"Dengan hal itulah, lima Kecerdasan itu nanti akan muncul. Dengan harapan kita mampu menciptakan generasi yang sudah siap atau matang dalam kondisi apapun dalam menghadapi tantangan dunia. Dengan PPK juga kita berharap dua jenis karakter akan tumbuh. Ada karakter kinerja, ada juga karakter watak," papar Lusi keapda RADARBENGKULU.DISWAY.ID diruang kerjannya Rabu, 20 Maret 2024.

BACA JUGA:109 Pejabat Eselon III dan IV Bengkulu Selatan Kena Mutasi

 

Lima jenis kecerdasan itu ialah, pertama kecerdasan Intellegent Quotient (IQ). Yang mana kecerdasan pikiran ini merupakan kecerdasan yang bertumpu pada  kemampuan otak manusia  untuk berpikir dalam menyelesaikan persoalan.

Kedua, kecerdasan Emotional Quotient (EQ) yang disebut juga kecerdasan emosi yang didasarkan kepada kemampuan manusia dalam mengelola emosi dan perasaan.

BACA JUGA:Bengkulu Selatan Buka Formasi CPNS dan PPPK Bengkulu Selatan Tahun 2024

 

Kecerdasan emosi ini sangat berpengaruh dalam performace dan kecakapan emosi kita dalam bekerja, dan juga kemampuan diri kita dalam menghadapi suatu masalah.

Yang ketiga, kecerdasan Spiritual Quotient (SQ). Kecerdasan Spiritual ini berkaitan dengan keyakinan kita kepada Tuhan. Kecerdasan ini muncul apabila kita benar-benar yakin atas segala ciptaannya dan segala kuasanya kepada manusia (bukan atheis).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu