Jangan Sampai Tidak Tahu, Ini 5 Tanda Jika Usus Anda Lagi Tidak Sehat

Jangan Sampai Tidak Tahu, Ini 5 Tanda Jika Usus Anda Lagi Tidak Sehat

Bagaimana Kesehatan Usus Anda? Ini 5 Tanda Usus Anda Mungkin Sedang Tidak Sehat-Poto ilustrasi-

Jika Anda baru-baru ini mengalami perubahan berat badan yang tidak diinginkan, hal ini mungkin disebabkan oleh kesehatan usus yang buruk. 

Peningkatan tersebut dapat disebabkan oleh nutrisi yang tidak terserap (Anda tidak pernah merasa kenyang), sedangkan peningkatan tersebut dapat disebabkan oleh Small intestinal bacterial overgrowth (SIBO) , atau pertumbuhan bakteri yang berlebihan di usus kecil.

Jika Anda mengalami perubahan usus mendadak yang melibatkan pendarahan dubur atau adanya darah pada tinja, Anda harus segera berkonsultasi dengan ahli kesehatan. 

Ini juga bisa menjadi tanda kesehatan usus yang buruk dan gejala penyakit atau kelainan lain, seperti sindrom iritasi usus besar, penyakit radang usus dan kanker usus besar.

Cara Meningkatkan Kesehatan Usus

Jika Anda mengalami gejala yang terus-menerus seperti gangguan gastrointestinal (GI) , kelelahan, dan suasana hati tertekan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda. 

Namun, ada beberapa cara untuk meningkatkan kesehatan usus Anda sendiri, dengan mengubah kebiasaan tertentu dan mengubah beberapa aspek pola makan Anda. 

Beberapa tips untuk meningkatkan kesehatan usus antara lain:

• Makan lebih banyak serat 

• Makan makanan fermentasi 

• Berhenti merokok dan kurangi konsumsi alkohol  

• Kurangi stress

• Kurangi gula atau pemanis buatan yang berlebihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: