Jangan Sampai Tidak Tahu, Ini 5 Tanda Jika Usus Anda Lagi Tidak Sehat

Jangan Sampai Tidak Tahu, Ini 5 Tanda Jika Usus Anda Lagi Tidak Sehat

Bagaimana Kesehatan Usus Anda? Ini 5 Tanda Usus Anda Mungkin Sedang Tidak Sehat-Poto ilustrasi-

Ini karena sistem pencernaan Anda lebih kesulitan memproses makanan dan minuman serta membuang limbah.

Usus yang seimbang tidak akan menyebabkan Anda merasa tidak nyaman.

BACA JUGA:6 Alasan Mengapa Kebanyakan Wanita Merasa Tidak Puas Dengan Hubungannya,dan Ini Cara Memahami Wanita Seutuhnya

2. Merasa lesu dan lelah atau kurang tidur 

Usus adalah komunikator yang kuat dengan otak, kesehatan usus yang buruk bisa menjadi faktor penyebab merasa lesu dan lelah.

Jika gejala ini disertai diare dan sakit kepala, bisa juga merupakan sindrom usus bocor, yang merupakan bentuk buruknya kesehatan usus yang parah, yang menyebabkan kondisi autoimun, seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa.

 

3. Memiliki suasana hati yang tertekan 

Meskipun usus Anda tidak hanya bertanggung jawab atas suasana hati yang tertekan, usus Anda juga bertanggung jawab atas produksi serotonin.

Jika mikrobioma usus tidak seimbang dan berkomunikasi dengan otak dengan baik, hal ini tentu dapat memengaruhi suasana hati. 

Merasa sedih tidak selalu berarti kesehatan usus Anda buruk, tetapi jika Anda merasa sedih disertai gejala gastrointestinal (GI), ada baiknya Anda segera berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

4. Sering sakit 

Kesehatan usus yang baik berkorelasi dengan tingkat kekebalan yang lebih tinggi, dan jika Anda terkena hampir semua pilek atau penyakit yang datang dan kekebalan Anda rendah, itu bisa menjadi tanda kesehatan usus yang buruk. 

Penggunaan berlebihan terhadap obat antibiotik mengganggu mikrobioma usus, jadi jika Anda baru saja diberi resep antibiotik, penting untuk diingat untuk membawa probiotik untuk menjaga keseimbangan usus.

5. Kenaikan atau penurunan berat badan secara tiba-tiba 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: