Mercedes-Benz G580: Penggerak Pertama Mobil Off-Road Jadul Menggunakan Tenaga Listrik

Mercedes-Benz G580: Penggerak Pertama Mobil Off-Road Jadul Menggunakan Tenaga Listrik

Mercedes-Benz G580 2025 dengan Teknologi EQ dan nama akhir dari SUV yang sebelumnya dikenal sebagai EQG, bukanlah off-roader listrik pertama-Ist-

Namun, tata letak interior merupakan bagian dari pengalaman G-Class seperti halnya gaya, dan model listrik tidak mengacaukannya.

• Teknologi G580

G580 hadir standar dengan versi sistem infotainment Mercedes-Benz User Experience (MBUX) yang digunakan pada kendaraan pembuat mobil lainnya. 

Dalam hal ini, ia dipadukan dengan layar ganda berukuran 12,3 inci, satu berfungsi sebagai kluster instrumen dan satu lagi berfungsi sebagai layar sentuh utama. 

Apple CarPlay nirkabel dan Android Auto serta sistem suara surround 3D Burmester dengan Dolby Atmos merupakan perlengkapan standar, sedangkan kamera dasbor dan sistem hiburan kursi belakang dengan layar ganda 11,6 inci adalah opsional.

Pengalaman pengguna serupa dengan model Mercedes lainnya, dengan beberapa penyesuaian khusus untuk misi off-road G-Wagen. 

Grafik untuk layar sentuh dan kluster instrumen menunjukkan lebih banyak kreativitas dibandingkan merek mewah lainnya, dan bahkan berpadu cukup apik dengan elemen fisik interior. 

Untuk model G-Class, Mercedes juga menyediakan layar off-road yang menunjukkan hal-hal seperti inclinometer dan pergerakan suspensi. 

Seperti model lain yang dilengkapi MBUX, kontrol suara yang sangat baik juga mengurangi ketergantungan pada layar sentuh dan pengontrol touchpad yang agak membingungkan di konsol tengah.

Seperti kebanyakan kendaraan baru, G580 dilengkapi dengan sistem kamera 360 derajat yang menyatukan feed dari beberapa kamera untuk menciptakan tampilan sekeliling. 

Namun ia juga memanfaatkan kamera internal untuk tampilan “kap transparan” yang menunjukkan apa yang ada di depan kendaraan. 

Hal ini berguna saat mendekati tanjakan curam, atau untuk melihat bebatuan dan sisa-sisa lain yang berpotensi merusak ban yang mungkin bersembunyi di bawah permukaan kaca depan.

Fitur bantuan pengemudi yang diharapkan seperti kontrol jelajah adaptif, pengereman darurat otomatis, bantuan penjaga jalur, pemantauan titik buta, dan pemusatan jalur otomatis juga merupakan fitur standar. 

Bersamaan dengan bantuan parkir, monitor perhatian pengemudi, pengenalan rambu lalu lintas, dan Pra-Aman yang dirancang untuk membantu melindungi penumpang jika terjadi tabrakan. 

Ia bahkan dapat mengeluarkan suara khusus untuk melindungi dari gangguan pendengaran saat terjadi kecelakaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: