Mantan Ketua Baznas Bengkulu Selatan Akhirnya Ditahan

Mantan Ketua Baznas Bengkulu Selatan Akhirnya Ditahan

Kasi Pidsus Dafit Riadi, SH,MH memberikan keterangan terkait keterlibatan MAG dalam penyalahgunaan dana umat yang ada di Baznas Bengkulu Selatan-Fahmi-radarbengkulu

BACA JUGA:Bupati Gusnan Mulyadi Hadiri Peringatan Hari Bakti Adhyaksa di Kejaksaan Negeri Bengkulu Selatan

 

Kalau berdasarkan hasil putusan Pengadilan Tipikor Bengkulu, kerugian negara  sepenuhnya dibebankan kepada mantan bendahara Siti Farida, tetapi pertanggungjawab pidana tidak dibebankan. Ketua Baznas juga harus ikut bertanggung jawab. Karena, beliau sebagai penanggungjawab atas pengelolaan dana tersebut.

Untuk peran ketua sendiri dipastikan mengetahui adanya penyalahgunaan. Hal ini karena secara administrasi ketua merupakan penanggung jawab. Mulai dari penunjukan Siti Farida sebagai bendahara, penandatanganan pencairan uang, pemberian bantuan, dan penyerahan bantuan dan itu semua tanggung jawab ketua. 

BACA JUGA:Lebaran Anak Yatim, Kementerian Agama Bengkulu Selatan Salurkan 100 Paket Sembako

 

Untuk lebih jelasnya, lihat saja nanti hasil persidangannya.

"Terkait penyalahgunaan dana Baznas akan kita lihat hasil persidangan nantinya, terkait keterangan saksi - saksi yang ada. Kemungkinan terkait jumlah kerugian negara kemungkinan MAG tidak akan dibebankan menggantinya,"ujar Dapit.

BACA JUGA:Lebaran Anak Yatim, Kementerian Agama Bengkulu Selatan Salurkan 100 Paket Sembako

 

Adapun yang disampaikan oleh kuasa hukum MAG, Edi Rusman,SH, sebagai masyarakat yang patuh hukum, Haris menghormati proses hukum yang ada. Diapun yakin belum tentu juga klien dinyatakan bersalah. Karena, akan menunggu hasil proses persidangan nantinya. Kalau nantinya sudah ada keputusan pengadilan, baru bisa dinyatakan bersalah atau tidak.

"Berdasarkan keterangan dari MAG, apakah dia menikmati penyalahgunaan dana Baznas tersebut, saya sampaikan bahwa Kliennya saya ini  tidak pernah mendapatkan keuntungan secara ekonomi. Berdasarkan unsur kerugian negara yang terjadi keuntungan bagi MAG tidak ada, tetapi ada keterkaitan keuntungan bagi pihak lain,"pungkas Edi. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu