Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bengkulu Selatan Bersihkan Data Penduduk

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bengkulu Selatan Bersihkan Data Penduduk

Kadis Dukcapil Bengkulu Selatan, Lismanto Bayu ,SE-Fahmi-radarbengkulu

radarbengkuluonline.id -- Usai pemilihan legislatif beberapa waktu yang lalu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bengkulu Selatan melakukan pembersihan data kependudukan.

Ternyata dari jumlah penduduk yang lama sebanyak 174.000, setelah pembersihan data pada semester pertama menjadi 175.523 orang. Artinya, ada peningkatan jumlah penduduk yang masuk kedalam Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:Bapenda Bengkulu Selatan Sosialisasikan Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

 

Kepala Disdukcapil Bengkulu Selatan Lismanto Bayu SE mengatakan, pembersihan data  merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari administrasi kependudukan.

Ini artinya pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.

BACA JUGA: Dinas PUPR Bengkulu Selatan Usulkan Pembangunan Ini ke Kementerian PUPR

 

"Hal ini juga bertujuan untuk mewujudkan tersedianya  Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Yang mana nantinya  sebagai suatu sistem informasi dan komunikasi yang terpadu. Dengan harapan, kita bisa mempunyai data kependudukan yang dihasilkan dari sistem tersebut agar dapat valid dan akurat,"papar Bayu diruang kerjannya Senin, 5 Agustus 2024.

Dengan dilakukannya proses pembersihan Data SIAK,  harapannya nanti bisa digunakan untuk penyusunan profil kependudukan dan buku data kependudukan di tingkat provinsi maupun di tingkat Kabupaten atau Kota, khusususnya di Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:Ini Kata Gusnan Mulyadi Soal Istri Bupati Berpeluang jadi Ketua DPRD Bengkulu Selatan

 

Pembersihan data ini bisa saja terjadi, baik itu adanya penambahan kelahiran. Ada juga pengembalian data dari pihak Kabupaten luar. Seperti contoh ada penduduk yang tinggal di Kabupaten Kaur ataupun Seluma,tetapi dirinya masih mempunyai data kependudukan di Bengkulu Selatan.

Sehingga hal itu harus dikembalikan ke data awal dimana buku datanya berada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu