Peningkatan Kualitas Keluarga dan Kesetaraan Gender di Provinsi Bengkulu

Peningkatan Kualitas Keluarga dan Kesetaraan Gender di Provinsi Bengkulu

Sosialisasi Peningkatan Kualitas Keluarga dan Kesetaraan Gender di Provinsi Bengkulu Mendorong Peran Perempuan dalam Pembangunan-naura qristina-

radarbengkuluonline.id – Dalam rangka meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan serta mewujudkan kesetaraan gender dan hak anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Bengkulu menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Peningkatan Kualitas Keluarga dalam mewujudkan kesetaraan gender (KG) dan Hak Anak yang dilaksanakan di Hotel Nala Sea Side, pada Kamis, 19 September 2024. 

Kegiatan ini dihadiri oleh 100 peserta dari berbagai instansi pemerintah, organisasi masyarakat, serta perwakilan dunia usaha.

Acara ini dilaksanakan bertujuan untuk mendorong pemahaman tentang kesetaraan gender dan pentingnya hak-hak anak dalam keluarga. 

Kesetaraan gender yang dimaksud tidak hanya mengacu pada pembagian peran di dalam rumah tangga, tetapi juga pada pemberdayaan perempuan agar dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan ekonomi dan sosial di masyarakat.

BACA JUGA:Meriani Cawagub Bengkulu Disukai Emak-Emak Pasar Purwodadi, Satu-Satunya Perwakilan Perempuan di Pilgub

BACA JUGA:Pemkab Seluma Cari Langkah Untuk Cegah Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Kegiatan, Rehesten Linarti, SE, ME, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah nyata dari DP3AP2KB dalam mendukung pengarusutamaan gender (PUG) dan meningkatkan kualitas keluarga di Provinsi Bengkulu. 

Ia menekankan pentingnya peran ibu, yang tidak hanya sebagai pengasuh, tetapi juga sebagai pendidik, pembimbing, dan pelaku ekonomi keluarga.

"Tidak dapat dipungkiri, peran perempuan, khususnya ibu, dalam keluarga sangat krusial. Ibu bukan hanya sebagai pengasuh, tetapi juga sebagai pendidik dan pembimbing bagi anak-anaknya. Melalui pola asuh yang baik, ibu dapat membentuk karakter dan nilai-nilai positif yang akan dibawa anak hingga dewasa. Selain itu, peran ibu dalam membantu meningkatkan perekonomian keluarga melalui wirausaha dan UMKM juga sangat signifikan," ungkap Rehesten.

Ia juga menekankan bahwa melalui kegiatan ini, diharapkan para ibu di Provinsi Bengkulu dapat lebih berdaya, baik dari segi ekonomi maupun sosial. 

BACA JUGA:Peningkatan Kualitas Keluarga dan Kesetaraan Gender di Provinsi Bengkulu Melalui Sosialisasi PPRG

BACA JUGA:Peringatan Hari Kependudukan Dunia di Indramayu, Saatnya Mewujudkan Kesetaraan Gender yang Sejati

"Dengan memperkuat peran ibu, kita turut mendorong kemajuan bangsa. Perempuan tidak bisa dipandang remeh dalam membangun negara, karena mereka adalah pondasi rumah tangga dan masyarakat yang kuat," tambahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: