Kisah Anak Dalam Gunung Bungkuk Bengkulu Ditunggu Harimau Masih Misterius

Kisah Anak Dalam Gunung Bungkuk Bengkulu Ditunggu Harimau  Masih Misterius

Keindahan Gunung Bungkuk yang terletak di Kabupaten Benteng-Agus-

 

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Gunung Bungkuk merupakan salah satu gunung yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), Provinsi Bengkulu. Masyarakat sekitar, sering menyebutnya dengan nama Tebo Bulet. 

Ada yang tahu berapa tingginya? Ternyata, Gunung  Bungkuk ini  memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 1.162 meter.

BACA JUGA:Survei PRC: Capres Anies Baswedan dan PKS Unggul di Bengkulu

 

 

 

Gunung yang bentuknya jika dilihat sekilas seperti orang membungkuk ini berada di Kecamatan Pagar Jati. Jaraknya kurang lebih 4 kilometer dari Karang Are, Kecamatan Pagar Jati.

Kalau Anda mau kesana, untuk menjangkau lokasi ini bisa melalui jalan masuk dari Simpang Tugu Hiu melewati Desa Pondok Kubang menuju Simpang Tiga Keroya.

BACA JUGA:Destita Khairilinsani Berhasil Taklukkan Hati Pemilih Kota Bengkulu

 

 

Jarak dari Simpang Tugu Hiu menuju Simpang Keroya sekitar 20 KM dari Simpang Keroya menuju Desa Karang Are sekitar 5 KM, dari Desa Karang Are menuju Gunung Bungkuk sekitar 3 Km.

Akses untuk bisa mencapai lokasi ini juga dapat ditempuh dengan jarak sekitar 4 Km dari Desa Komering atau melalui jalan Lintas Provinsi Lubuk Sini-Pagar Jati sekitar 8 Km.

BACA JUGA: Bhabinkamtibmas Masuk Masjid di Karang Dapo

 

 

Salah seorang warga Kabupaten Benteng, Gusti (33) mengatakan, gunung ini memiliki keindahan tersendiri.  Keunikan bentuk dari gunung ini juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan, terutama mereka yang menyukai petualangan mendaki gunung.

"Objek wisata satu ini tentunya sangat cocok bagi yang suka dengan liburan mendaki gunung," jelas Gusti seperti diberitakan  RADARBENGKULU.DISWAY.ID hari ini . 

 

 

Lebih lanjut diterangkannya, untuk menuju ke puncak gunung ini sendiri tentunya tidaklah mudah. Butuh tenaga yang super ekstra dan stamina yang cukup. 

Sementara itu, bagi yang ingin melakukan pendakian ke gunung ini terlebih dahulu harus meminta izin kepada kepala desa setempat.

BACA JUGA:''BEDA'' Karya Mahasiswa UINFAS Lolos ke Babak 6 Besar PKM III se Asia Tenggara

 

 

Akan lebih baik pula untuk meminta bantuan kepada juru kunci gunung ini. Pasalnya, juru kunci inilah yang nantinya akan membantu anda untuk bisa sampai ke puncak gunung ini. 

"Gunung ini memiliki akses jalan yang berbeda. Terdapat dua rute. Yaitu rute yang masih ditumbuhi dengan berbagai tumbuhan. Kemudian,  yang satu lagi merupakan rute bebatuan tanpa adanya tumbuh-tumbuhan," terangnya.

 

 

Ditambahkan, kemiringan medan yang akan dilalui juga terbilang cukup ekstrem. Bahkan kemiringan bisa mencapai 45-50 derajat. Perjalanan yang cukup memacu adrenalin dan tentunya begitu menguras tenaga.

"Keindahan di puncak Gunung Bungkuk akan semakin mempesona jika pendaki dapat menyaksikan sunrise," terangnya.

BACA JUGA:Bang Ken Kritisi Kota Merah Putih di Air Sebakul, Locus Merah Putih Itu Ada di Persada Fatmawati

 

 

"Namun itu semua akan terobati dengan pemandangan sinar matahari pagi yang begitu indah. Ditambah dari atas puncak gunung ini juga dapat disaksikan dengan jelas Kota Bengkulu beserta dengan jajaran pantai-pantai indahnya," tambahnya.

Kisah Gunung Bungkuk

 

 

Terlepas dari keindahannya, Gunung Bungkuk ini juga terdapat kisah di baliknya. Percaya atau tidak, konon di dalam hutan gunung ini sendiri ada sesosok makhluk yang oleh masyarakat sekitar diberi nama Anak Dalam.

Gunung Bungkuk ini sendiri memang telah banyak menyimpan sejarah dan kejadian-kejadian mistis yang hingga sekarang masih belum terungkap. Berdasarkan mitosnya ada sesosok makhluk yang tinggal di gunung ini. 

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Beri Masukan ke Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Bengkulu

 

 

Konon, Anak Dalam ini dahulunya merupakan orang yang sakti. Akan tetapi hingga sekarang ini belum ada seorangpun yang berhasil bertemu dengan Anak Dalam yang berada di Gunung Bungkuk ini.

Menurut salah seorang tetua yang tinggal di daerah setempat, Hamzah, mitos tentang Anak Dalam ini adalah hal mistis dan tidak dapat ditelusuri oleh manusia.

BACA JUGA:Bang Ken No Coment Namanya Ditetapkan Walikota Helmi Jadi Nama Bundaran

 

 

Menurutnya, apabila seseorang ingin menelusurinya dengan cara yang salah, maka akan timbul peringatan dan malapetaka.

Ditambahkannya, menurut cerita yang beredar bahwa dahulu sekitar tahun 1990 Anak Dalam ini pernah menampakkan diri dan hanya orang-orang tertentulah yang dapat melihatnya.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Beri Masukan ke Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Bengkulu

 

 

Digambarkan bahwa Anak Dalam ini menggunakan pakaian serba putih dan turun menuju jalan setapak. Bagi yang mempercayainya, penampakan Anak Dalam ini merupakan tanda bahwa akan terjadi sebuah bencana di daerah sekitar.

Dibagian lain, tokoh masyarakat lainnya, Indra menerangkan, bahwa adanya Anak Dalam ini hanyalah mitos belaka. Anak Dalam yang digambarkan menggunakan pakaian serba putih ini dulunya sering duduk di atas perahu.

BACA JUGA:Kalau Jalan Hibrida Mulus Seperti Ini, Maju Kotanya, Bahagia Warganya

 

 

Ternyata tidak hanya Anak Dalam saja, menurut cerita para tetua juga di Gunung Bungkuk ini dihuni oleh sepasang harimau yang merupakan jelmaan dari makhluk halus. 

Tokoh masyarakat lain, Zul menambahkan, sekitar daerah Gunung Bungkuk yang dekat dengan lembah bawah Gunung Bungkuk, terdapat gua dan kuburan batu untuk tempat orang tertentu yang membayar nazar atau niat tanda bersyukur. Terkadang ditemukan bulu harimau.

 

Karena itu, diimbau bagi para pengunjung untuk tetap berlaku sopan saat ingin menilik keindahan Gunung Bungkuk ini, dan tetap menjaga kelestarian alam sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

BACA JUGA: Bupati Bengkulu Selatan Hidupkan Kartu BPJS Warga yang Mati

BACA JUGA:RSHD Manna Ditetapkan jadi RS Rehabilitasi Pecandu Narkoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu.disway.id