Menumbuhkan Semangat Ibadah dan Kebaikan di Tahun Baru 1445 H

Menumbuhkan Semangat Ibadah dan Kebaikan di Tahun Baru 1445 H

Harmen Z, SH-Adam-radarbengkulu.disway.id

 

Khatib : Harmen Z, SH  (Ketua BMA Kota Bengkulu)

Dari : Mesjid Besar Al-Amin, Kelurahan Kandang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu

 

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Melalui mimbar yang berbahagia, ini marilah kita menyampaikan puja serta syukur kehadirat Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat taufik serta hidayahNya, sehingga pada Jumat ini kita telah dipertemukan kembali didalam mesjid yang kita cintai dalam rangka mendirikan salat Jumat secara berjamaah. Mudah-mudahan kita mendapatkan ganjaran pahala disisi Allah Swt.

Shalawat teriring salam semoga Allah curahkan pada baginda Muhammad Saw. Dengan banyaknya kita bersalawat kepadaNya, in shaa Allah kita mendapatkan syafaatNya di yaumil qiyamah nanti..Aaamin Yra.

BACA JUGA:Alat Praktik Kurang, Presiden Jokowi Janji Kirim Peralatan Praktik ke SMKN 2 Benteng

 

Selanjutnya perkenan kan khatib menyampaikan wasiat, terutama bagi diri khatib sendiri dan juga bagi jemaah Jumat rahimakumullah.

Marilah kita meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Swt. Taqwa dalam arti yang sesungguhnya melaksanakan semua perintah Allah dan berusaha untuk meninggalkan semua laranganNya.

 

Kaum  muslimin jemah Jumat Rahimakumullah. 

 Saat ini kita sudah berada ditahun baru hijriah, dimana hiruk pikuk perayaan dan penyambutan tahun baru tersebut terlihat dimana-mana, tak ketinggalan dipelosok negeri kita tercinta.

Semua orang riang gembira menyambut datangnya tahun baru hijriah ini, namun demikian hendaknya barengi kegembiraan itu dengan semangat untuk meningkatkan ketaatan kepada Allah Swt dan bertekad untuk lebih banyak lagi melaksanakan kebaikan terhadap sesama hamba dan ibadah kepada Allah Swt.

BACA JUGA:Inilah Kisahnya Fatmawati dan Bung Karno di Bengkulu (25) - Bung Karno Berpamitan Pergi

     

Saudaraku kaum muslim jemaah Jumat yang berbahagia

 Spirit tahun baru ini hendaklah benar-benar digunakan untuk semakin meningkat kan kwalitas ibadah dan kebajikan didalam kita mengarungi kehidupan di atas dunia ini. Sebab seorang muslim sejati itu adalah orang yang hari ini lebih baik dari hari-hari sebelumnya. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw yang artinya :

''BARANG SIAPA YANG HARI INI LEBIH BAIK DARI HARI KEMARIN,MAKA IA TERGOLONG ORANG YANG BERUNTUNG,BARANG SIAPA YANG HARI INI SAMA DENGAN HARI KEMARIN,MAKA IA TERGOLONG ORANG YANG MERUGI, DAN BARANG SIAPA YANG HARI INI LEBIH BURUK DARI HARI KEMARIN, MAKA IA  TERGOLONG ORANG YANG CELAKA.' (HR.Al-Hakim).

BACA JUGA:Warga Bengkulu Keluhkan Air Bersih dan Lampu Penerangan

 

Kaum muslimin jemaah Jumat rahimakumullah

Hadist tersebut di atas memberikan pengertian kepada kita perihal pentingnya meningkatkan semangat baru dalam menjalani hari-hari yang baru.

Jangan sampai ditahun yang baru ini keadaan kita lebih buruk dari tahun sebelumnya, terutama tentang ibadah dan ketaatan kepada Allah Swt. Sebab hanya  ketaatan kita kepada Allah akan membawa kita ada kerinduan rerhadap syurga.

BACA JUGA:Jalan Terpendek Dunia Itu Ada di Bengkulu? Namanya Ini, Ini Nomornya, Yang Menempati Ini

 

Sebagaimana Sabda baginda Rasulullah Saw yang artinya :

 ''DAN BARANG SIAPA YANG MERINDUKAN SYURGA, MAKA IA CEPAT-CEPAT DALAM MELAKUKAN KEBAIKAN.''

( HR.Ad-Dailami).

 

Saudaraku kaum muslimin jemaah Jumat yang berbahagia

 Syek Nuruddin Al-Harawi menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan ziyadah (peningkatan) adalah dengan bertambahnya ilmu, ibadah dan segala bentuk kebaikan. Bukan jabatan, bukan harta,bukan pula popularitas duniawi.

Sebab kata beliau, keberuntungan itu hanya berpihak pada orang yang selalu berusaha untuk meningkatkan ketaatan hanya kepada Allah Swt.

BACA JUGA:Festival Tabut 2023, Presiden Jokowi Beli Gulali, Penjual Terimakasih Pak

 

Berkaitan dengan hal tersebut, Allah Swt memerintahkan seluruh hambanya untuk selalu introspeksi diri perihal apa yang menjadi bekalnya untuk menuju kampung akhirat nanti.

Didalam Alquran Allah Swt berfirman yang artinya : 

''WAHAI ORANG-ORANG YANG BERIMAN, BERTAQWALAH KAMU KEPADA ALLAH DAN HENDAKLAH SETIAP ORANG MEMPERHATIKAN APA YANG TELAH DIPERBUATNYA UNTUK HARI AKHIRAT,DAN BERTAQWALAH KEPADA ALLAH, SESUNGGUHNYA ALLAH MAHA TELITI TERHADAP APA YANG KAMU KERJAKAN.'' ( Al-Hasyr ayat 18 ).

BACA JUGA:Diresmikan Presiden, Tol Bengkulu -Lubuk Linggau Dilanjutkan

 

 Saudaraku kaum muslimin rahimakumullah

Imam Al-Qusyairi dalam kitab tafsir Al-qusyairi menjelaskan bahwa ayat tersebut di atas memiliki dua arti tentang ketaqwaan. Yaitu :

1.Meningkatkan ketaqwaan dengan cara memikirkan balasan yang akan didapatkan dikampung akhirat nanti atas perbuatan baik dan perbuatan buruk yang dilakukan di atas dunia ini.

BACA JUGA: Ini Cara Mudah Putihkan Wajah Kaum Pria

 

2.Meningkatkan kataqwaan dengan cara mawas diri dan introspeksi, yakni dengan cara memaksimalkan waktunya untuk menambah ketaatan. Selalu beribadah dan selalu berbuat kebaikan. Dengan kata lain menumbuhkan semangat baru dihari-hari baru yang dihadapi oleh setiap orang.

   

Saudaraku kaum muslimin yang dirahmati oleh Allah Swt

Adapun cara menumbuhkan semangat baru seperti tersebut didalam uraian di atas tiada lain adalah dengan ketulusan hati dan kesadaran yang datang dari hati sanubari yang ikhlas karena Allah Swt untuk berniat melakukan ketaatan, kebajikan.

Karena, kita sadari bahwa seseorang tidak akan bisa memperbaiki hari-harinya tanpa diawali dengan introspeksi atas apa yang sudah dilakukan dihari-hari sebelumnya. 

BACA JUGA: Ini Dia Oleh-Oleh HMI Bengkulu untuk Presiden Jokowi

 

Oleh karena itu, niat yang tulus dan ikhlas untuk memperbaiki prilaku kearah yang lebih baik dimasa mendatang sangatlah diperlukan.

Sebagaimana sabda nabi Muhammad Saw yang berbunyi :

    '' SESUNGGUHNYA SETIAP PERBUATAN TERGANTUNG DENGAN NIAT NYA, DAN SESUNGGUHNYA SETIAP ORANG AKAN MENERIMA PEMBALASAN BERDASARKAN APA YANG DINIATKAN. ''( HR.Abu Abdullah )

     

Saudaraku sidang jemaah Jumat yang dirahmati Allah swt

Demikianlah khutbah singkat kita pada siang hari ini. Kiranya uraian singkat ini dapat menambah semangat baru bagi kita semua untuk selalu berusaha meningkatkan amal ibadah ditahun baru 1445 H ini.

Semoga khutbah yang singkat ini ada manfaatnya bagi kita semua.Aaamin Ya Rabbal'alamin.  Baraqallahuliwalakum.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id