Inilah Kisahnya Fatmawati dan Bung Karno di Bengkulu (29) - Pernikahan Fatmawati dengan Bung Karno Sederhana

Inilah Kisahnya  Fatmawati dan Bung Karno di Bengkulu  (29) - Pernikahan Fatmawati dengan Bung Karno Sederhana

Inilah patung Fatmawati yang dipasang di Rumah Ibu Agung Fatmawati yang terletak di Penurunan Kota Bengkulu-Azmaliar Zaros-radarbengkulu.disway.id

BACA JUGA:Mantap ! Bengkulu Peringkat 8 Nasional Kejurnas Panahan Junior U15 dan U18 2023

 

Setelah gurunya menerjemahkan, ia buru-buru pulang ke rumah. Rumahnya tak jauh dari sekolah itu. Kira-kira waktu 5 menit perjalanan. Ia memberi kabar kepada ibu dan ayah dan menyerahkan telegram tersebut.

Sepenerima telegram itu, ia merasa lega bercampur lemas.Lega, karena setelah menunggu berkepanjangan dari tahun 1939-1943.

BACA JUGA: Penurunan Stunting 4 Persen Dapat Apresiasi dari Presiden Jokowi

 

Lemas, karena membayangkan kehidupan baru sebagai istri Bung Karno nanti. Mampukah ia akan memenuhi harapan calon suaminya. Dan tentunya harapan rakyat , sebagai pendamping pemimpinnya dimasa perjuangan ini

Saat pernikahan pun datang. Yang bertindak sebagai wali Fatmawati, datuknya Basarudin. Sedangkan Bung Karno diwakili oleh opseter Sarjono.

BACA JUGA:Ini Masalahnya, Penetapan Harga TBS Sawit Ditunda

 

Sanak famili semua diundang dan tak ketinggalan pula para anak yatim piatu. Pernikahannya diadakan sangat sederhana. Fatmawati berpakaian kain dan kebaya saja. Tak ada tabuhan. Keadaan prihatin. Apalagi pihak pengantin lelaki ada di seberang. Sebagian dari famili tidak setuju. Yaitu famili dari pihak ayah atas perkawinan ini.

Akan tetapi kemudian mereka berbaik kembali. Alhamdulillah ... Akhirnya tibalah saat dia meninggalkan Kota Bengkulu, tempat ia dilahirkan dan dibesarkan. Sebelum berangkat, ia memohon diri kepada datuknya. Datuknya itu sudah uzur. Ia bersandar  ketika Fatmawati menemuinya. Fatmawati mencium  tangan dan pipinya yang sudah keriput itu.

BACA JUGA:Sudah Berdatangan, 20. 000 Jemaah Laki-Laki akan Berdoa di Kota Bengkulu

 

''Ma permisi mau pergi sekarang datuk,'' kata Fatmawati berpamitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: