Data Ombudsman RI, Pengaduan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Meningkat

Data Ombudsman RI, Pengaduan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Meningkat

Pemerintah di provinsi Bengkulu masuk zona hijau -Windi-

 

Jaka Andhika menjelaskan bahwa dari 96 pengaduan yang telah ditindaklanjuti, sebanyak 33 laporan ditemukan mal administrasi namun sudah mendapatkan penyelesaian dari instansi yang dilaporkan. Sementara itu, 3 laporan diselesaikan melalui konsolidasi, 56 laporan tidak ditemukan maladministrasi, dan 4 laporan telah masuk objek pemeriksaan di pengadilan.

 

"Kita melakukan pemeriksaan substantif, menindaklanjuti laporan, melakukan investigasi atas prakarsa sendiri, dan membangun jaringan kerjasama dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik," kata Jaka.

 

Tren Peningkatan Pengaduan Sejak 2019

Data Ombudsman RI perwakilan Bengkulu mencatat peningkatan jumlah laporan terkait pelayanan publik oleh masyarakat sejak tahun 2019. Pada tahun tersebut, tercatat 82 laporan, yang kemudian meningkat menjadi 94 laporan pada tahun 2020, dan mencapai 102 laporan pada tahun 2022.

 

Peningkatan ini menunjukkan kesadaran masyarakat terhadap hak-hak mereka dalam menerima pelayanan publik yang berkualitas. Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam memberikan penyelesaian terhadap pengaduan masyarakat, meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan mendorong transparansi serta akuntabilitas dari lembaga-lembaga penyedia layanan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: