Dewan Provinsi Bengkulu Minta Truk Batu Bara Jangan Lintasi jalan nasional Bengkulu Tengah Menuju Kepahiang

Dewan Provinsi Bengkulu Minta Truk Batu Bara Jangan Lintasi jalan nasional Bengkulu Tengah Menuju Kepahiang

truk angkutan batu bara jangan melintasi jalur gunung atau ruas jalan Bengkulu Tengah (Benteng) - Kepahiang-ist-

 

 

RADAR BENGKULU - Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Tantawi Dali mengimbau agar truk angkutan batu bara jangan melintasi jalur gunung atau ruas jalan Bengkulu Tengah (Benteng) - Kepahiang.

Dalam pernyataannya, Tantawi menyoroti kendaraan angkutan batu bara yang mayoritas over dimension dan overload (ODOL), potensial merusak infrastruktur jalan dan mengganggu lalu lintas.

''Kita mengimbau agar angkutan batu bara itu, khususnya angkutan dari Lubuklinggau, tidak lewat gunung atau Liku Sembilan.'' 

 Ia menekankan bahwa truk batu bara tersebut tidak sesuai dengan tonase kelas jalan, menyebabkan gangguan lalu lintas dan dapat merusak dinding jalan, terutama di liku 9 yang mengalami longsor.

BACA JUGA:Seperti Apa Penanganan Jalan Berlubang di Bengkulu di Tahun 2024? Ini Penjelasan PUPR Provinsi

BACA JUGA:Upaya PUPR Provinsi Bengkulu Mengatasi 3 Titik Longsor di Jalan Lintas Nasional

Menanggapi kondisi kawasan Liku Sembilan yang rentan terhadap ambles dan longsor, Tantawi menyampaikan kekhawatirannya terhadap keselamatan jika kendaraan dengan tonase berat dan dimensi besar tetap melintas.

''Jalur ini sebagai jalur penghubung dan lalu lintasnya padat, ditambah lagi angkutan batu bara yang tidak berhenti. Kita sudah sampaikan di paripurna agar angkutan batu bara tidak dilakukan dengan kendaraan yang ODOL.''

Dalam upaya menjaga kondisi jalan ruas Benteng - Kepahiang yang sulit untuk dilakukan pelebaran, Tantawi mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam merawat jalan tersebut.

''Pelebaran jalan disana sudah nggak bisa dilakukan lagi, jadi kita harus memelihara jalan yang ada. Kita harus bersama-sama melakukan upaya pemeliharaan jalan dengan mengurangi beban jalan yang dilalui kendaraan yang tidak memenuhi ketentuan yang berlaku,'' saran Tantawi.

Ia juga menyoroti kesulitan dalam penanganan kondisi jalan Liku Sembilan dan terus berkoordinasi dengan pihak terkait.

BACA JUGA:10 Kesalahan Saat Berjalan yang membuat Anda Terlihat Kurang Percaya Diri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: