DPK Provinsi Bengkulu Imbau Masyarakat Pentingnya Mengelola Arsip Keluarga Dengan Baik

DPK Provinsi Bengkulu Imbau Masyarakat Pentingnya Mengelola Arsip Keluarga Dengan Baik

DPK Provinsi Bengkulu mengajak serta mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menata dan mengelola arsip keluarga sedini mungkin-naura qristina-

 

RADAR BENGKULU - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu mengajak serta mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menata dan mengelola arsip keluarga sedini mungkin.

Pasalnya arsip keluarga menjadi amat vital bagi keluarga bila sewaktu-waktu terjadi bencana, bukan hanya mendatangkan kerusakan terhadap infrastruktur dan mengakibatkan penderitaan terhadap manusia, bahkan menelan korban jiwa, melainkan juga berdampak pada arsip dan dokumen-dokumen penting milik keluarga. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu H. Meri Sasdi, M. Pd melalui Sub Koordinator Pembinaan Perangkat Daerah, Adri Westi menjelaskan bahwa arsip keluarga adalah manuskrip dari informasi-informasi pribadi dalam keluarga yang terdokumentasikan dengan rapi dan aman.

Arsip yang disusun dan ditata mulai dari data pribadi terdiri dari Akte Kelahiran, Ijazah pendidikan, sertifikat yang dalam satu keluarga, meliputi arsip ayah, ibu, dan anak-anak.

BACA JUGA:6 Destinasi Wisata di Binjai yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan, Banyak Wisata Air Seru Banget

BACA JUGA:Orang Tua Harus Membawa Anak Berwisata Edukatif di Perpustakaan Provinsi Bengkulu, Banyak Manfaatnya

“Berkas atau arsip pribadi masing-masing yang telah tersusun rapi tersebut kemudian dimasukan ke dalam satu tas besar dan diletakkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau sehingga bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan semisal kebakaran atau gempa bumi atau bencana banjir. Berkas tersebut akan mudah diamankan terlebih dahulu. Termasuk berkas atau arsip sertifikat tanah atau rumah dan sertifikat lainnya harus dimasukan dalam satu tas,” ujarnya.

Bahwa saat ini tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya tata kelola arsip keluarga di Bengkulu masih rendah sehingga pihaknya terus mengajak dan mensosialisasikan agar arsip keluarga lebih mudah ditemukan kembali.

Apalagi dengan era kemajuan teknologi saat ini, data pribadi asli yang dimiliki anggota keluarga bisa disimpan dalam sebuah file baik melalui email atau flashdisk sehingga ada cadangan bila sesuatu diperlukan.

“Makanya kami tidak pernah bosan mensosialisasikannya kepada masyarakat untuk segera membuat pengelolaan arsip keluarga serapi mungkin sehingga pada saat dibutuhkan mudah ditemukan kembali dan tidak lagi repot-repot mencarinya,” paparnya. 

BACA JUGA:6 Destinasi Wisata di Binjai yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan, Banyak Wisata Air Seru Banget

BACA JUGA:2 Mobil Listrik BMW Gagah, Pengisian Baterai Cukup 29 Menit, Harganya Waw Banget

Sejauh ini, kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa kegiatan kearsipan yang dilakukan berkaitan dengan arsip-arsip pada instansi-instansi yang berskala besar, seperti lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, dan organisasi kemasyarakatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: