8 Tips Berpuasa untuk Lansia, Agar Tidak Membahayakan Kesehatan

8 Tips Berpuasa untuk Lansia, Agar Tidak Membahayakan Kesehatan

Orang lansia yang tidak memiliki keluhan kesehatan dan masih merasa berpuasa diperbolehkan berpuasa.-Ist-

Namun berbeda dengan lansia yang sangat kurus dan memiliki penyakit kronis. Berpuasa tidak dianjurkan.

Oleh karena itu, para lansia yang mengidap penyakit diabetes, hipertensi, tiroid atau penyakit degeneratif lainnya tentunya harus berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi kesehatannya sebelum berpuasa.

BACA JUGA:8 Buah-Buahan yang Efektif Turunkan Tekanan Darah Tinggi Para Lansia Penderita Hipertensi,Salah Satunya Pisang

Dalam pengawasan dan pengawasan dokter, lansia orang dapat dengan aman dan cepat tanpa risiko apa pun terhadap keselamatan mereka tidak ditetapkan.

Kendala yang dihadapi lansia saat berpuasa

Dehidrasi merupakan salah satu masalah utama lansia. Selain itu, mereka mungkin lebih sering mengeluh sakit kepala, terutama pada beberapa hari pertama puasa.

Hal ini wajar terjadi karena kadar gula darah tubuh turun. Gejala-gejala ini hilang seiring tubuh beradaptasi dengan puasa.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai kesehatan pribadi saat berpuasa. Anda harus jeli membedakan antara sakit kepala akibat penyakit dan sakit kepala akibat puasa.

Tips Aman Puasa Bagi Lansia

Orang lanjut usia yang tidak memiliki gangguan kesehatan atau penyakit serius tentu aman untuk berpuasa.

Ada hal yang wajib diketahui para lansia agar ibadahnya tidak membahayakan kesehatan sekaligus mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Berikut 8 tips puasa lansia lancar dan aman yang dikutip dari berbagai sumber.

1.Jangan lewatkan sahur

Sahur penting bagi siapa pun yang berpuasa, terutama bagi orang lansia.Sahur memiliki banyak energi sehingga membuat tubuh lebih tahan terhadap puasa berkepanjangan.

Makanlah sahur yang cukup untuk mendapatkan sumber energi yang membuat otak dan saraf tetap aktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: