Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (13)

 Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (13)

Inilah salah satu sawah yang berlokasi di Sawah Lebar yang sedang dipersiapkan untuk ditanami-Azmaliar Zaros-

 

 

13. Kelurahan Sawah Lebar

 

RADARBENGKULU.DISWAY.ID -  Kota Bengkulu adalah salah satu kolonial Inggris yang telah membuat Benteng Fort Marlborough. Kota   ini memiliki Muara Dua dan  Bumi Ayu. Tak hanya itu, daerah ini juga memiliki Panorama indah. Terutama bila kita melihat di Tanjung Ajung, Tanjung Jaya. Di daerah ini kita dapat melihat Semarang, Surabaya, Kampung Bali, Malabro, Sidomulyo, Padang Serai, Padang Jati, Betungan dengan leluasa.

 

Yang cukup menarik dilihat disini adalah Dusun Besar dengan Sawah Lebar  dan Sawah Lebar Baru yang sedang di Bajak petani. Sekarang daerah ini dipelihara dengan baik dan di Kandang dengan Kandang Limun, serta diberi Pagar Dewa. Kalau tidak demikian, Rawa Makmur, Rawa Makmur Permai, Pematang Gubernur bisa rusak Jitra yang bersejarah itu. Karena, di sana ada Jalan Gedang, Pondok Besi,  Pintu Batu, Tanah Patah yang memiliki Sumur Meleleh terus menerus.

Di Pondok Besi ini ada Padang Harapan yang di Tengah Padang-nya selalu Sukarami. Di sana penuh dengan Kebun  Roos, Kebun Keling, Kebun Geran, Kebun Dahri, Kebun Kenanga yang ramai dikunjungi wanita. Kebetulan, daerah ini berdekatan dengan Pasar Bengkulu, Pasar Baru, Pasar Melintang, Pintu Batu, Pekan Sabtu yang Sukamerindu-kan PengantunganPenurunan yang sekarang masih ada Berkas-nya.  

Rangkaian kalimat yang mengiringi kata bergaris  tebal atau hitam itu   merupakan pengantar dari sebagian nama dari 67 kelurahan di Kota Bengkulu yang unik. Kenapa nama kelurahan itu unik, wartawan RADARBENGKULU.DISWAY.ID, Azmaliar Zaros menurunkan laporannya secara bersambung setiap hari. Selamat membaca laporan SPEKTAKULER yang hanya satu-satunya ada di Indonesia dan mungkin juga di dunia.

Redaksi juga menerima masukan, kritik dan saran dari pembaca untuk kesempurnaan laporan ini. Pembaca juga bisa berpartisipasi menyumbang tulisan soal nama-nama unik tentang nama daerah, objek wisata dan lain-lain. Kritik, saran, tulisan dikirim ke email : [email protected]. Atau telepon/WA ke HP 0812 7930 6998. (*)

 

 

 

Sawah Lebar Sudah Semakin Mengecil

 

SAWAH LEBAR ini juga merupakan salah satu nama kelurahan unik di Kota Bengkulu. Kelurahan ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Ratu Agung. Mengapa daerah ini dinamakan Sawah Lebar? Bagaimana ceritanya, seperti biasa, ikuti terus membaca  tulisan Wartawan RADARBENGKULU.DISWAY.ID berikut ini.

 

 

AZMALIAR ZAROS, Kota Bengkulu

 

Menurut Ketua Adat Sawah Lebar Baru, H.M.Ishak, pemberian nama daerah Sawah Lebar itu tidak asal jadi. Akan tetapi betul-betul berkaitan dengan sejarah tempo dahulu.  Nama unik kelurahan di Kota Bengkulu itu, semuanya ada ceritanya, ada sejarahnya.

BACA JUGA: 45 Pejabat Kota Bengkulu Dimutasi, Kadis Kominfo jadi Asisten

Untuk nama Kelurahan Sawah Lebar, paparnya,  nama itu sudah ada sejak zaman dahulu kala. Dia sendiri tidak tahu persis tahunnya. Sebab, cerita orangtuanya juga, nama itu sudah ada sejak dia kecil. Jadi diperkirakan sekitar tahun 1800-an.

BACA JUGA:Tersandung Narkoba, Akhirnya Warga Seluma Nikah di Rutan

Ceritanya, lanjut bapak ini, nama daerah ini erat kaitannya dengan sawah yang ada di daerah ini. Di daerah ini, yaitu di daerah jalan Merawan ujung arah ke Tebeng ke bawah, ada sawah warga. Sawah itu lebar sekali. Sawah itu sampai ke arah Tanjung Agung, Dusun Besar, Surabaya, Semarang. Jaraknya lebih dari 3 KM.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (12)

Sawah itu pada zaman dahulu selalu digarap warga setiap tahunnya. Hasil panennya pun banyak. Satu kali panen itu bisa mendapatkan padi sebanyak 200-3000 karung dalam satu hektare.

BACA JUGA:Supran: Minta Siapkan Estimasi Anggaran Pilkada NHPD Diajukan 2023

Pada zaman dahulu tidak banyak hama. Yang ada itu adalah gangguan dari kerbau. Waktu itu kerbau sering lepas dan mengganggu tanaman warga. Dahulu, kehidupan warganya itu makmur. Warga tak pernah membeli beras.

‘’Saya melihat langsung kehidupan petani zaman dahulu itu. Karena orangtua saya juga ikut bersawah di sana,’’jelas Ishak yang memang tinggal di daerah Sawah Lebar sejak zaman dahulu.


Inilah Kantor Lurah Sawah Lebar, Kota Bengkulu-Azmaliar Zaros-

Pada zaman Belanda, dibangunlah irigasi di daerah Dusun besar atau di daerah Danau Dendam Tak Sudah. Sehingga warga merasa terbantu dengan adanya irigasi tersebut. 


Inilah lokasi perbatasan persawahan antara Sawah Lebar dan Kelurahan Panorama yang diambil di Pintu Air Sawah Lebar -Azmaliar Zaros-

Karena sawahnya yang luas, tambahnya, warga menyebut daerah ini dengan nama Sawah Lebar. Karena, sawahnya itu memang lebar, akhirnya nama daerah ini ditetapkan jadi nama kelurahan Sawah Lebar.

Sawah Lebar ini, kini sudah banyak dibangun pemukiman penduduk. Sehingga areal persawahannya semakin berkurang. Akan tetapi, sawah yang ada saat ini masih  tetap digarap warga.

Kelurahan Sawah Lebar ini luasnya ada 115 hektare. Daerah ini memiliki 28 rukun tetangga (RT) dan 7 Rukun Warga (RW).

Letak daerah ini, sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Sawah Lebar Baru dan Kelurahan Tanjung Agung. Sebelah selatan berbatasan dengan Kelurahan Kebun Tebeng dan Kelurahan Padang Jati. Sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Kebun Tebeng dan sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Padang Jati. (*) 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: