Kantor Urusan Agama Pondok Kelapa Bengkulu Tengah Terima Tim Peneliti Kesejahteraan Keluarga UNY

 Kantor Urusan Agama Pondok Kelapa Bengkulu Tengah Terima Tim Peneliti Kesejahteraan Keluarga UNY

Kepala KUA Pondok Kelapa, Kabupaten Benteng, Imam Setiawan MHI foto bersama saat menerima kunjungan Tim peneliti Calon Fasilitator Bimbingan Perkawinan (BIMWIN) Universitas Negeri Yogyakarta-Agus-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Kepala KUA Pondok Kelapa, Kabupaten Benteng, Imam Setiawan MHI menerima kunjungan Tim peneliti Calon Fasilitator Bimbingan Perkawinan (BIMWIN) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Dr.Siti Rohmah Nurhayati, M.Si, salah seorang instruktur Nasional Bina Keluarga Sakinah Kementerian Agama Republik Indonesia yang bertugas melatih para calon fasilitator Bimbingan Perkawinan (Bimwin) selaku penanggung jawab tim peneliti UNY melalui timnya menyampaikan bahwa diantara tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh kesiapan catin dalam menghadapi pernikahan.

BACA JUGA:Kerjasama dengan Dispora, Polres Bengkulu Tengah Gelar Pembinaan dan Pelatihan Calon Anggota Polri

 

Siti menjelaskan, Program Bimwin ini merupakan bagian dari program prioritas pemerintah.

"Program Bimwin dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota melalui Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dalam bentuk kelas pelatihan pembekalan yang diisi oleh para fasilitator terlatih. Baik itu dari internal Kementerian Agama maupun  unsur masyarakat untuk mewujudkan keluarga sejahtera," terangnya.

BACA JUGA:SMPN 1 Bengkulu Tengah Dikunjungi Tim Consultan NIE Singapura

 

Ia juga mengingatkan pentingnya peran keluarga dalam pembangunan nasional, maka perlu dilakukan penelitian untuk mempelajari konsep kesejahteraan dalam keluarga, karakteristik keluarga sejahtera, serta isu-isu terkait kesejahteraan keluarga.

"UNY melalui prodi terkait mata kuliah kesejahteraan keluarga menugaskan tim peneliti untuk menghimpun data yang dibutuhkan," jelasnya. 

BACA JUGA:Bengkulu Tengah Gelar Forum Konsultasi Publik Penyusunan RKPD 2025

 

"Adapun data pendukung yang dikumpulkan dalam penelitian ini diantaranya berkenaan dengan usia pernikahan catin di Kecamatan Pondok Kelapa, jumlah peristiwa nikah. Sejauh mana kesiapan dan persiapan catin dari segi fisik, mental maupun ekonomi serta data lain yang diperlukan." 

Dibagian lain, Kepala KUA Pondok Kelapa, Imam Setiawan, MHI menyambut baik kunjungan tim tersebut, dan menyampaikan bahwa KUA Pondok Kelapa senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik sesuai tugas dan fungsi KUA di bidang pelayananan bimbingan keluarga sakinah. Diantaranya menyelenggarakan bimbingan perkawinan kepada catin, memberikan penyuluhan, konseling pernikahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu