Pembebasan Dosa dan Miniatur Padang Mahsyar

Pembebasan Dosa dan Miniatur Padang Mahsyar

Dr. H. Rozian Karnedi, M.Ag-Adam-radarbengkulu

 

Ditempat ini tidak ada lagi jendral, pejabat, dan lain-lain. Semuanya adalah sama di mata Allah SWT. Yang membedakan adalah taqwa kepada Allah SWT. Firman Allah  yang artinya:

'' Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.'' 

 

Rasulullah bersabda yang artinya :” "Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada rupa dan harta benda kalian, tetapi Dia hanya memandang kepada amal dan hati kalian." ( HR. Ibu Majah). 

 

'Arafah Mengenang Pengorbanan Nabi Ibrahim AS

Sebagian ulama memahami  bahwa ‘Arafah berarti mengetahui atau yakin (ma’rifah). Istilah tersebut dikaitkan dengan  peristiwa Nabi Ibrahim  AS yang diperintahkan oleh Allah SWT agar menyembelih anaknya Ismail. 

Perintah tersebut  awalnya diterima oleh Nabi Ibrahim AS melalui mimpi pada tanggal 8 Zulhijjah. Namun keesokan harinya Nabi Ibrahim AS ragu-ragu apakah  mimpi tersebut dari Allah SWT atau dari syetan. Maka tanggal 8 Zulhijjah disebut dengan hari tarwiyah. 

 

Kemudian malam tanggal  9 Zulhijjah Nabi Ibrahim AS kembali bermimpi  dengan mimpi yang sama, maka  Nabi Ibrahim AS yakin /ma’rifah bahwa  mimpi tersebut datang dari Allah. Karena itulah hari tersebut dinamakan hari ‘Arafah. 

Pada tanggal 10  Zulhijjah Nabi Ibrahim AS bermimpi lagi dengan mimpi yang sama,  maka  pada tanggal 10  Zulhijjah tersebut Nabi Ibrahim AS melaksanakan perintaah tersebut. Karena itu, hari tersebut  dinamakan dengan hari nahar yang artinya hari penyembelihan. 

 

Dengan demikian  hakikat hari ‘Arafah ini adalah mengenang pengurbanan Nabi Ibrahim AS. Makna  tersirat dari peristiwa ini  adalah perlunya setiap kita menyembelih sifat-sifat kehewanan  yang terdapat  dalam hati masing-masing. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu