Keteladanan Keluarga Nabi Ibrahim AS

Keteladanan Keluarga Nabi Ibrahim AS

M. Sururi, M.H.I-Adam-radarbengkulu

Bagi kita ummat Islam sikap hidup Ibrahim sewajarnya  dijadikan pedoman dalam menghadapi kehidupan kontemporer yang penuh dengan tantangan. Hal ini seperti firman Allah SWT di dalam surah al-Mumtahanah ayar 4 yang artinya  : ''Sesungguhnya Ibrahim dan orang yang bersamanya adalah contoh tauladan untuk kamu.''

 

Seperti diketahui Nabi Ibrahim berpuluh tahun berdoa agar diberikan anak yang akan melanjutkan dakwah dan risalah Allah untuk disampaikan kepada umat manusia. Sehingga nabi Ibrahim selalu melantunkan kata-kata dalam doa :

''Ya Allah berikan aku anak yang soleh.''

 

Menurut Ibn Katsir doa ini dilantunkan Ibrahim kepada Allah SWT agar dia diberikan anak yang saleh, taat dan patuh serta teman yang akan menghibur dan menemani dirinya setelah terpisah jauh dari keluarga. 

Bagi Ibrahim, anak itu bukan sekadar orang yang akan melanjutkan keturunan. Bukan orang yang akan mewarisi harta, namun yang terpenting anak harus mampu mewarisi iman dan agama.

 

Prinsip inilah yang semestinya kita jadikan contoh dalam mendidik anak. Orang tua harus menyadari bahwa anak itu bukan sekadar orang yang akan mewarisi kebun sawit, kebun getah, perdagangan atau deposito di bank. Namun yang paling penting adalah anak itu mampu mewarisi agama dan iman yang kita miliki.

Kita boleh bangga memiliki anak-anak  yang kaya, berilmu atau sarjana. Namun sesungguhnya yang harus kita pikirkan lebih lanjut adalah apakah anak-anak kita faham akan agama ? Apakah sesudah kematian kita nanti anak-anak itu masih rukuk dan sujud kepada Allah ? Ini yang harus direnungkan dari lubuk hati yang terdalam. Kalau orang tua kita dahulu masih mampu menitipkan ruh iman di dalam jiwa kita, apakah kita masih mampu mewariskannya kepada anak dan cucu.

 

Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar Walillahilhamd 

Hadirin dan hadirat para undangan Allah yang terhormat …

Setelah lama menunggu dengan penuh kesabaran, doa Ibrahim AS dikabulkan oleh Allah sebagaimana dikatakan di dalam firmanNya yang artinya :

''Lalu kami berikan kepada Ibrahim kabar gembira dengan akan lahirnya seorang anak yang baik.''

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu