Dapat Penghargaan Ibu Negara, Bidan Yakinkan Bupati Mukomuko Soal Pertanian Organik

Dapat Penghargaan Ibu Negara, Bidan Yakinkan Bupati Mukomuko Soal  Pertanian Organik

Bupati Mukomuko, H. Sapuan menyerahkan cinderamata kepada Rini Kusriati selaku Wanita Berprestasi bidang pertanian organik-Seno-radarbengkulu,disway.id

MUKOMUKO, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Seorang bidan asal Desa Air Rami, Kabupaten Mukomuko mendapat penghargaan dari Ibu Negara, Iriana Joko Widodo dan Wury Ma'ruf Amin pada peringatan hari Kartini tahun 2023. 

 

 

 

 

 

Dia adalah Rini Kusriati. Pada bulan Mei 2023, ia menerima piagam penghargaan dari Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju.

BACA JUGA:Menyingkap Tambo Suku Rejang di Provinsi Bengkulu (20) - Kerajaan Ditimpa Musibah Besar

BACA JUGA: IGABA Kota Bengkulu Gelar In House Training

 

 

 

 

 

"Dalam rangka memperingati hari Kartini 2023, Pemkab Mukomuko diminta mengajukan nama wanita yang berprestasi dan berjasa. Kami koordinasi dengan Dinas Pertanian dan direkomendasikan nama Rini. Dan atas jasanya bidang pertanian, khusunya mengenai pertanian organik, ia mendapat penghargaan dari OASE. Eh, ternyata Bu Rini ini seorang Bidan, tidak nyangka juga," ungkap Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) DP2KBP3A Mukomuko, Vivi Nofriani, Senin (19/6). 

 

 

 

 

 

Kemarin, (Senin 19/6) bersama dengan Bidang P3A DP2KBP3A Mukomuko, Rini Kusriati melakukan audiensi dengan Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM di ruang kerja di Rumah Dinas Bupati. 

Dalam audiensi, Rini meyakinkan Bupati kalau pertanian organik telah menjadi perhatian dunia. Khususnya negara maju.

BACA JUGA:Festival Tabut Dilaksanakan di Lapangan Merdeka

 

 

 

 

 

Ia juga meyakinkan, kalau pertanian organik bisa menjadi solusi bagi petani Indonesia, khususnya Mukomuko yang saat ini kesulitan mendapatkan pupuk. 

Saat diwawancarai, Bupati Sapuan mengapresiasi sepak terjang putri dari mantan Pimpinan DPRD Mukomuko, Khusairi ini yang telah mengembangkan bahan-bahan organik untuk keperluan pertanian. 

BACA JUGA:Sukses, Ini Daftar Juara Kejurda Voli Indoor 2023

 

 

 

 

 

Lebih-lebih lagi bahan yang digunakan, bahan baku yang tersedia di alam daerah. 

Bupati berpesan, meski banyak mendapat tantangan, agar Rini tidak menyerah dan tidak pernah bosan. Ia yakin, meski saat sekarang petani belum dapat menerima secara utuh metode pertanian organik, namun suatu saat pertanian organik akan menjadi solusi bagi petani. 

BACA JUGA: Aroma Buah Durian Merebak di Kota Tais, Bupati Seluma Lestarikan Budaya Melempuk

 

 

 

 

 

"Saya juga menyarankan, agar hasil pertanian organik itu, baik sayuran ataupun tanaman pangan, dikemas dengan baik. Perlu diingat, pasar tanaman organik saat ini, harganya diatas harga pertanian mengunakan kimia," papar Sapuan. 

"Saya yakin ini peluang, dan ini bisa menjadi harapan petani masa depan. Pertanian yang ramah lingkungan," demikian Bupati. 

 

 

 

 

 

Rini saat diwawancarai mengaku sudah cinta dengan pertanian sejak ia masih duduk kuliah jurusan Kebidanan. Semasa kuliah, dikisahkannya, diluar kelas ia lebih senang menekuni pertanian. Sehingga buku pertanian dengan buku kebidanan sama banyaknya.

"Kalau tidak kuliah, saya sering kelapangan. Belajar pertanian. Akhirnya saya serius menekuni pertanian," bebernya. 

 

 

 

 

 

Dikatakannya, saat ini ia memiliki lahan percontohan (demplot) di Air Rami dan SP8 Kecamatan Lubuk Pinang. Ia terbuka bagi siapa saja untuk diskusi mengenai pertanian organik. 

Ia mengaku, pertanian organik saat ini masih belum diterima oleh masyarakat secara menyeluruh. Tapi, hal itu tidak memudarkan semangatnya untuk terus mengkampanyekan dan mengembangkan pertanian organik di Mukomuko. 

 

 

 

 

 

"Organik itu tidak hanya pupuk, pengendalian hama juga bisa kita buat secara organik dan itu murah. Kita hanya perlu tahu caranya. Kami siap berdiskusi kepada siapa untuk pengembangan pertanian organik ini," pungkasnya. 

BACA JUGA:Olah TKP, Penabrak Pelajar di Padang Pelawi Kabur

BACA JUGA:Ayoo Manfaatkan Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor untuk Kemajuan Daerah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id / bidan yakinkan bupati mukomuko soal pertanian organik