Wow! Inilah Ajang Silaturahmi Terbesar Warga Bengkulu

Wow! Inilah Ajang Silaturahmi Terbesar Warga Bengkulu

Warga menonton tabot bersanding-Adit-radarbengkulu.disway.id

Untuk perayaan tabot di Bengkulu ini, paparnya, tanggal dan tahunnya secara pasti memang tidak ada buktinya. Karena zaman itu memang tidak ada bukti tertulisnya. Namun diperkirakan  pertama kali dilaksanakan sekitar  1336 Masehi atau abad 14 oleh Syeh Burhanuddin yang dikenal sebagai Imam Senggolo .

Syeh Burhanuddin (Imam Senggolo) menikah dengan wanita Bengkulu. Kemudian anak mereka, cucu mereka dan keturunan mereka disebut sebagai keluarga Tabut. Upacara ini dilaksanakan dari 1 sampai 10 Muharram setiap tahun.

BACA JUGA:Festival Tabut Sebabkan Gas Elpiji 3 Kilogram Langka?

 


Tabut Bengkulu sedang bersiap-siap untuk mengikuti acara tabot bersanding-Adit-radarbengkulu.disway.id

 

Prosesi ritual tabut atau biasa juga disebut dengan tabot ini pada tanggal 1 Muharam mengabil tanah, 5 Muharam duduk penja, 5-6 Muharam acara menjara dan beruji, 7 Muharram dan 8 Muharam acara arak jari-jari dan arak sorban, 9 Muharam arak gedang atau tabut bersanding di lapangan Merdeka Kampung dan 10 Muharam tabut tebuang.

 

Setelah Burhanudian ini wafat, maka perayaan tabut ini dilanjutkan oleh keturunannya secara turun temurun di lapangan Merdeka Kampung. Mereka ini terbagai dalam dua kelompok. Yaitu kelompok tabut imam atau pemimpin. Kedua, kelompok bangsal atau perdana menteri.

 

Adapun keluarga yang tergabung dalam kelompok  tabut imam itu, lanjutnya, adalah Adil Qurniawan S.Si Padang Harapan, Syaiful Idris di Kampung Terendam/Kampung Kepiri, Idrus Kasim, Anggut Bawah, Syaiful Muchlis Gabe Penurunan, Hendri G  Kebun Bler, Agus Salim Kasim Lempuing, Amsaruddin Lempuing, Efri Nurdin, Meriam, Malabro, Nazar Sumur Meleleh.

BACA JUGA:Intelektualitas Lima Calon Sekda Provinsi Bengkulu Diuji dengan Makalah

 

Sedangkan kelompok  bangsal, yaitu  Hendra Zainuddin Tengah Padang, Buyung Syaril/Jengau, Tengah Padang, Bambang Hermanto Tengah Padang, Saidina Muhammad Tengah Padang, Didi Syaril Bajak, Sofyan Kebun Roos, Dayat Jafri Bajak dan Yanuar Satria Utama S.Kes Kampung Bali.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu.disway.id