Viral, Bupati Gusnan Makan Gulai Liling, Warga Net Mantap Itu Pak Bupati, Bikin Ngiler

Viral, Bupati Gusnan Makan Gulai Liling, Warga Net Mantap Itu Pak Bupati, Bikin Ngiler

Tangkapan Layar, Bupati Gusnan saat memperagakan cara mencucup liling (siput)-ist-

 

BENGKULU, RADARBENGKULU, DISWAY.ID – Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, S.E., M.M atau lebih dikenal dengan panggilan Gusnan Gundul, sepertinya memiliki kesukaan tersendiri terhadap kuliner khas daerahnya. Misalnya soal gulai yang dihidangkan saat bersantap siang atau bersantap malam.

 

Gulai tersebut adalah gulai khas orang melayu, yakni gulai liling (siput) yang disantan kuning dicampur dengan rebung asam. Saking enaknya makan dengan gulai liling ini. Mertua lewat depan rumah, kita makan di dapur tidak terlihat sama sekali hehehhe.

BACA JUGA:Boleh Juga, Ini Solusi Sampah Kota Bengkulu dari Wawali, Bisa Jadi Cuan

BACA JUGA: Gawat Ini, TPA Air Sebakul Tak Mampun Tampung Sampah Lagi, Pemkot Harus Cari Alternatif Lain Ya!

Pria kelahiran 28 Agustus 1968 ini, dalam video dengan keterangan. Liling padi undak gebung asam campur tempuyak undak unji jadilah katau pejadi dulu yang penting peghut nidau kemuncang agi. Makan Liling itu sangatlah mudah…caranya endaskan liling di jungur lalu di kecup Zzzrrrruuuuuupppp cup. Luk itulah kekirau. (Siput padi (kecil) dicampur rebung asam, lalu dicampur tempuyak campur unji cukuplah kata orang tua dahulu. Yang penting perut tidak keroncongan lagi).

 

Bahkan Gusnan pun memberitahukan bagaimana caranya makan gulai liling ini. Caranya ambil satu siput lalu siputnya di cucup dengan mulut, Zzzruuuupppp cup. Begitulah kira-kira.

BACA JUGA:Ini Makna Membiasakan Jumat Berkah untuk Buah Hati Ayah Bunda

BACA JUGA:Heboh, Lomba Lato-Lato di Kafe Well The Food, Demi Lestarikan Permainan Tradisional

Orang Melayu, Besemah, Serawai, Padang Guci, Kaur, Pagar Alam, Lahat dan sekitarnya sangat familiar dengan siput yang digulai ini. Karena saat makan siput itu ada sensasi tersendiri yakni cucup siputnya. Cucup siput inilah yang membuat banyak orang khususnya orang melayu menjadi ketagihan untuk mengulang kembali makan siput tersebut. Tapi memang waktu makannya sedikit lebih lama dari makan biasanya. Karena waktu otomatis bertambah saat cucup siput tersebut.

 

Bupati Bengkulu Selatan Dua Priode ini pun sebelum menyantap gulai liling tersebut tak lupa menjelaskan apa menu yang sedang disantapnya. Ini Gulai liling pak, kalau bahasa jawanya siput pak. Ini rebung asam. Ini tempoyak pak. Ada dialog antara perekam video dan Gusnan. Dimana perekam Video menanyakan kepada Gusnan mengenai Liling (siput) jenis apa yang disantapnya. Lilingnya liling padi pak? Salah pak ini liling siput. Tempatnya disungai atau disawah. Hebat sekali bapak yaa“Benar lilingnya liling siput, bukan padi. Cara makanya di cucup menggunakan mulut.  

 

Video Gusnan Makan Gulai Liling ini yang diunggah pada 8 Desember 2022 tersebut telah disukai 9.004 orang dengan 772 Komentar. 121 kali dibagikan netizen. Banyak komentar lucu yang disampaikan netizen.

 

Berikut komentar lucu-lucu dari netizen;

Diantaranya komentar yang datang dari Suhanderi “Ndokk, Mantap stitu kando Bupati yang dikasih emotikon senyum, Sehat-sehat selalu dan diberikan kelancaran memimpin BS. Komen tersebut langsung direspon oleh Gusnan.

 

   

Lalu komentar berikutnya datang dari Arna Mareta Binti Syamsuddin; Jangan besenduak nan… kecakka pakai tangan 5 jari. “Makannya jangan pakai sendok, pegang dengan tangan lima jari” kata Arna.

 

Lalu ada wasrga net yang meminta Bupati Gusnan untuk hati-hati saat cucup liling, karena berpotensi termakan dengan liling yang ada anaknya di dalam.  Bisa seperti termakan pasir. Komen datang dari Dhien’s Mukarto; Kalu tekecup liling ye beanak pak bup. Pacak neghinis tepepak.

 

Komentar lucu datang dari Rahyan efendi; Alangkah Njadio o situ pak Bupati. Nido ado yang lemak agi selain makan gulai liling. Undak Gebung asam. Amo kato nek kami jak di Ulu Talo mentuo lalu didepan Nido kah ngetuwii. “Alangkah mantap itu pak bupati, tidak ada yang lebih enak dari makan gulai siput (liling) campur rebung asam. Kalau kata nenek kami dari Ulu Talo, Mertua lewat depan tidak akan disampa lagi”.

BACA JUGA:Jalan Provinsi Tiga Kabupaten Ini Dipertimbangkan, Dua Kabupaten Ini Diprioritaskan, Ada Apa?

BACA JUGA:Operasi Senyap Satreskrim Macan Gading Polresta Bengkulu, Tangkap Tiga Maling Bersajam, Begini Kronologisnya

Bahkan ada komentar yang datang dari Orang Sunda (Jawa Barat)  yang mengaku suka makan gulai liling ini sewaktu tinggal di Lintang Empat Lawang. Her Ujer: Lemak nyo Pajuan itu aku jemo Sunda suka waktu tinggal di Lintang empat lawing.

 

Warga net yang lain mengucapkan terimakasih terhadap tutorial cara makan gulai liling versi Gunan. Komen datang dari Sherly Sihite Panderaja. “Makasih tutorial makan liling nya pak Bupati (emotikon tertawa). Taruh di jungur ya pak (emotikon senyum dan jempol).

 

Sedangkan warga net yang lain mengaku sudah sangat merindukan makan dengan gulai liling ini, hingga ngiler melihatnya. Komentar dari Nilau: Lah lame dide temakan nga gulai liling undak gebung asam “Tekatiew nginak’e. (Sudah lama merindukan makan dengan gulai siput campur rebung asam, ngiler melihatnya,” komen Nilau.

 

BACA JUGA:Data Penerima BLT DD Berubah, Hanya Miskin Ekstrem Yang Dapat, Ini Penjelasannya

BACA JUGA:Jalan Provinsi Tiga Kabupaten Ini Dipertimbangkan, Dua Kabupaten Ini Diprioritaskan, Ada Apa?

Hingga berita ini di onlinekan masih banyak komentar netizen dengan berbagai pendapat, ada yang lucu, ada yang mengenang masa dahulu, ada yang ngiler dan ada pula yang mendoakan Bupati Gusnan, ada yang meminta ibu bupati untuk mengunjungi dusunnya hanya untuk mengambil liling untuk gulai pak Bupati.

 

Komen lucu lainnya datang dari Youzie Okmita yang mengatakan kalau orang yang sudah ompong apakah masih bisa makan gulai liling itu pak bup?. “Ame dide begigi agi kekire masih pacak nyusup liling tu pak bup (emotikon tertawa)”.  

 

Sementara itu Komen yang datang dari Nurbaiti Hakusah yang mengatakan gulai liling itu adalah gulai mesrah untuk mendapatkan isinya. Jungur bertemua jungur liling mpai sedot. Cup baru dapat. Mesrakan. Emotikon senyum.

 

Semoga saja Bupati Gusnan selalu sehat dan mampu mengangkat makanan (kuliner) khas daerah sehingga ketika ada tamu yang datang dari luar, akan mencari gulai khas Bengkulu Selatan, yakni gulai Liling dengan cara dan tutorial memakannya.

Dan bagi warga Net ingin menonton video dan tutorial cara makan gulai lilingnya silahkan kunjungi langsung Facebook Gusnan gundul. Dijamin ngakak membaca komentar netizen.

(hcr)

 

 BACA JUGA:Ganggu Arus Lalulintas, LLAJ Benteng Tertibkan Limbah Batu Bara Karungan di Pinggir Jalan, Ini Dampaknya

BACA JUGA: Minggu Ini, LHP BUMDes Urai Akan Diserahkan ke Desa dan Kecamatan

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: